Tarif Sewa Rusun Bakal Diatur di Perda | Makassar Today
Connect with us
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text

Sulsel

Tarif Sewa Rusun Bakal Diatur di Perda

Published

on

Makassartoday.com – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar dialog publik Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengelolaan dan Pemilihan Rumah Susun (Rusun) di Pelataran Mesjid Nur Ilham, Kecamatan Mariso, Kamis (13/7/2018).

Hadir dalam dialog tersebut, Anggota DPRD Kota Makassar Susuman Halim, Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Makassar M. Hamka dan Penyusun Naskah Akademik Syahruddin Nawi, serta masyarakat Rusun di Kecamatan Mariso.

Anggota DPRD Kota Makassar, Susuman Halim atau kerap disapa Sugali mangatakan, Ranperda Rusun merupakan perintah dari Undang-undang Nomor 20 tahun 2011, yang mewajibkan setiap daerah membentuk payung hukum pada pengelolaan rusun.

“Perda Rusun dipercepat, karena terkait pengelolaan dan penghuni. Termasuk kepemilikan. Semua hal-hal penghuni dan pengelolahan rusun,” kata Legislator Fraksi Demokrat itu.

Pihaknya berharap, agar masyarakat kalangan bawah bisa menempati rusuna karena adanya berbagai kemudahan.

“Lebih efisien, negara sudah lakukan subsidi, kepastian hukum kalau mereka tinggal dikawasan yang tidak memiliki alas hak. Mereka bisa direlokasi,” jelas anggota Komisi A Bidang Pemerintahan itu.

“Dengan adanya perda ini akan memberi legalitas sebagai aset bisa jadi kepemilikan kepada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan Kota Makassar menjelaskan, Ranperda Rusun yang tengah digodok Dewan sangat penting bagi masyarakat. Sebab, peraturan yang berlaku untuk rusuna saat ini telah kadaluarsa.

“Selama ini pengelolaan rumah susun oleh Dinas PU masih menggunakan perda tahun 1994 yang sudah cukup lama. Tentu tidak sesuai dengan kondisi terkini. Juga perda no 15 itu masih mengacu ke Undang-undang lama. Jadi ini sudah sangat lama,” jelasnya.

Menurutnya, dalam pembahasan ranperda dimungkinkan untuk menerapkan peraturan penghuni dan tarif rusunawa yang baru.

“Saya kira dalam perda itu dibahas tentang hak dan kewajiban daripada penghuni rusunawa. Termasuk nanti juga apakah di dalam perda akan diatur tentang tarif. Saat ini kita masih menggunakan tarif lama 75.000-150.000 perbulannya,” ujarnya.

“Kalau kita penguatan tentang hak dan kewajiban daripada penghuni termasuk pengelolaan rusun ini. Kalau bisa juga tarif yang lebih jelas. Lebih menjangkau yang sesuai dengan kemampuan dari masyarakat,” katanya. (*)

BAGIKAN:
Comments

Sulsel

Bus Bintang Prima Seruduk Pagar PO di Jl Perintis Kemerdekaan

Published

on

By

Makassartoday.com – Kecalakaan tunggal terjadi di PO Bus Bintang Prima, Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulsel, Kamis (19/7/2018).

Salah satu bus dengan plat nomor polisi DD 7255 RP yang memuat seorang kernet bernama Alam (21), hilang kendali dan menabrak pagar area parkir PO, sekitar pukul 12.00 WITA.

‎Dalam keterangannya, Alam mengaku mltelah menghidupkan mesin mobil saat tengah membersihkan bagian kursi depan.

Namun tanpa sengaja, Alam menyentuh persenelan dan gas secara bersamaan saat akan mengambil ponselnya yang terjatuh, sehingga mobil bergerak dan menabrak pagar area parkir hingga badan bus tembus ke ruas jalan yang ada di bagian belakang PO.

“Hape ku jatuh pas di bawa pedal gas. Saya mau ambil tapi tidak sengaja sentuh persenelan dengan gas,” akunya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namaun kerugian ditaksir mencapai Rp20 juta. Dari catatan pihak kepolisan disebutkan bahwa Alam tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). (Askay Khan)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Ini Empat Wakil Rektor Unhas Baru Dilantik

Published

on

By

Makassartoday.com – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, melantik empat Wakil Rektor (WR) baru Unhas.

Pelantikan yang dihadiri ratusan tamu berlangsung di lantai dasar gedung rektorat Universitas Hasanuddin, Kamis (19/7/2018).

Mereka yang dilantik adalah WR 1, Prof Muhammad Restu MP, WR 2 Prof Sumbangan Baja, WR 3 Prof Arsunan dan WR 4 Prof Nasrun Massi.

Dalam pelantikan ini turut hadir Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI. Tampak ia datang dengan mengenakan pakaian batik warna kuning putih dan bermotif tulisan lontara.

Kedatangan Ketua PMI Makassar ini untuk menyampaikan langsung ucapan atas pelantikan ke empat wakil rektor baru Universitas Hasanuddin Makassar.

“Selamat atas pelantikannya,” ujar Deng Ical sambil menjabat tangan WR III Prof Arsunan.

Tak hanya itu, alumnus sospol unhas ini juga tak mau melewatkan momen tersebut dengan berfoto bersama dengan ke empat wakil rektor baru itu.

Dia berharap kedepan Unhas bisa lebih baik dan semakin maju dengan prestasi membanggakan untuk peradabaan yang unggul bagi Sulawesi Selatan dan juga Indonesia. (*)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya

Sulsel

Dishub Gembosi 4 Unit Sepeda Motor di Jl Adiyaksa Baru

Published

on

By

Makassartoday.com – Tim Penertiban Parkir dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar kembali mengambil tindakan tegas terhadap kendaraan yang memarkir menggunakan baju jalan.

Kali ini petugas Dishub Makassar menyasar sejumlah kendaraan yang berada di tiga ruas jalan, yakni Jl Boulevard, Jl Pengayoman dan Jl Adiyaksa Baru, Kamis (19/7/2018). Tiga ruas jalan ini juga masuk dalam areal bebas parkir.

“Hari ini kita menertibkan kendaraan di depan RM Avon, Mall Panakkukang dan di depan Carrefoure,” jelas Gunawan, petugas Dishub Makassar.

Dari hasil penertiban, Dishub Makassar menggembok 12 unit roda empat yang ditemukan terparkir di bahu jalan. Tak hanya itu, empat unit kendaraan roda dua yang diparkir di areal bebas parkir juga ikut digembosi.

“Tadi kita gembok 12 unit mobil. Semebtara yang sepeda motor dikempis karena memarkir di bahu Jl Adiyaksa Baru, tereongan dengan Carrefour,” sambungnya.

Pihaknya berharap, upaya penertiban ini menimbulkan kesadaran pengendara agar tidak menarik kendaran mereka di sembarang tempat.

“Karena kita juga menerima aduan dari masyarakat soal dampak kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan,” imbuhnya. (Tina)

BAGIKAN:
Baca Selengkapnya