14 Pilkada Kota Berbuntut Ke MK, Termasuk Makassar! - Makassar Today
Connect with us

Politik

14 Pilkada Kota Berbuntut ke MK, Termasuk Makassar!

Published

on

alterntif text

Makassartoday.com – Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat ada 67 permohonan penyelesaian hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar sejak Minggu 8 Juli 2018.

Dari 67 permohonan penyelesaian hasil Pilkada tersebut, 14 diantaranya diajukan KPU Kota, yakni Tegal, Parepare, Gorontalo, Madiun, Cirebon, Padang Panjang, Subulussalam, Serang, Bau Bau, Palembang, Bekasi, Palopo, Bengkulu termasuk Makassar.

Kepala Biro Humas dan Protokol MK Rubiyo mengatakan, dari semua permohonan, tidak semua akan diterima MK, karena hanya daerah yang memiliki selisih suara 0,5-2 persen suara yang akan diterima.

“Syarat pengajuan sengketah hasil pilkada dengan selisih suara 0,5-2 persen suara, diatur dalam Pasal 158 UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada,” jelasnya kepada media belum lama ini.

Seperti diketahui, Pilkada Makassar hanya diikuti calon tunggal, yakni pasangan Munafri Arifuddin-Rachmatika (Appi-Cicu). Pasangan usungan 10 parpol tersebut oleh KPU Makassar dinyatakan kalah dari kolom kosong.

Adapun hasil rekapitulasi suara di 15 Kecmatan se kota Makassar menempatkan kolom kosong meraih 53 persen atau 300.795 suara. Sementara paslon tunggal Appi-Cicu 47 persen atau 264.245 suara.

Dari 15 kecamatan yang ada di Makassar, paslon tunggal hanya unggul di dua kecamatan saja, yakni Kecamatan Manggala dan Tamalate.

Untuk Kecamatan Manggala, paslon tunggal meraih suara 30.384. Sedangkan kolom kosong 27.631 suara. (Wiwi)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending