Humas Pemkot Makassar Gelar Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Humas Pemkot Makassar Gelar Pelatihan Jurnalistik Kemanusiaan

Published

on

Makassartoday.com – Sub Bagian Pemberitaan Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah kota Makassar, menggelar pelatihan Jurnalistik kemanusiaan, bertempat di Hotel Asyira, Kamis (9/8/2018).

Dalam sambutan Wali kota Makassar yang dbacakan Staf Ahli Bidang III, Andi Takdir Alim Bahri, mengatakan bahwa profesi Jurnalis merupakan profesi yang menuntut kerja mengumpulkan informasi yang mengedepankan etika kemanusiaan.

“Informasi atau berita yang disajikan tentulah harus mengedepankan etika sipakatau, sipakainge, sebagai pegangan jurnalisme untuk menyajikan informasi yang memanusiakan manusia,” ucap Takdir.

Menurut Kasubag Pemberitaan, Reza Nugraha diadakannya pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman Jurnalistik pada Bagian Kehumasan dan rekan Media lainnya, yakni bagaimana memanusiakan manusia, dalam arti bahwa sisi kemanusiaan tidak bisa lepas dari proses informasi maupun pemberitaan.

Salah satu Narasumber pada kegiatan ini yaitu Ketua AJI Makassar, Qodriansyah Agam Sofyan mengatakan, selama ini banyak media menyajikan pemberitaan mengenai bencana alam tetapi kebanyakan cuma mengangkat sisi peristiwanya bukan sisi dari kemanusiaannya.

Dia mencontohkan tulsaan mengenai gempa yang terjadi di Pulau Lombok NTB.

Kebanyakan media mengangkat berita peristiwa, padahal ketika ada peristiwa bencana alam, konflik ataupun kondisi sosial masyarakat, haruslah dibarengi mengangkat sisi kemanusiaan korban agar dapat membantu mengobati traumatik korban.” jelas Agam.

Beberapa isu hangat terkait Etika dan UU pers no 40 tahun 1999 dibahas pula pada pelatihan ini. Kegiatan ini diikuti oleh bagian Humas, SKPD Makassar, dan sejumlah insan media cetak dan elektronik, maupun online. Sebagai pembicara di hadirkan Insan Pers dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Jakarta Pos, dan Akademisi.(Dayat/Cammang).

BAGIKAN:
Comments

Trending