Warga Lapas Makassar Ikut Program Baca Tulis Al-Quran | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Warga Lapas Makassar Ikut Program Baca Tulis Al-Quran

Published

on

Makassartoday.com – Pembinaan yang diberikan oleh Warga Binaan Lapas Kelas I Makassar, tidak terlepas dari pengajaran dan pendalaman keagamaan, hal ini dijadikan kebiasaan di Lapas Kelas I Makassar sehingga, WBP beragama Muslim dapat menjadi karakter yang baik serta sifat yang berahlaq, yang terinternalisasi dalam diri WBP, Senin (18/9/2018).

Kegiatan Baca Tulis Al-Quran berlansung di Masjid Dakwahtul Ichsan, yang diikuti oleh WBP Umum dan Anak Didik Pemasyarakatan, terdapat rangkaian metode pengajaran yang diberikan, namun tetap dengan prinsip-prisip dasar pengajaran al-Quran yang praktis dan sederhana, contohnya ketika WBP dikelompokkan, guna memudahkan untuk mengetahui pemahaman al-Qur’an yang WBP ketahui.

Menurut Ustadz Harun, S.Ag selaku Pengajar dari Kementerian Agama Marisso, Pembelajaran dengan metode qira’ati yang diberikan ini, tidak terlepas dari jenjang pembelajaraannya yakni; tingkat persiapan, dasar, menengah, dan madrasah tahfidul Quran.

“Untuk metode pembelajarannya, kami selaku pengajar mengambil metode yang lebih peraktis, dimana prinsip-prinsip dasarnya tidak terlepas dari tingkatan pengentahuan baca Quran WBP, yang dimuali dari tingkat persiapan, dasar, menengah dan Tahfidul Qur’an yang pebelajaran ini ditargetkan mampu membaca Al Qur’an dengan lancar, paham makhrajul huruf, dan mengkhatam 30 juz Al Qur’an, sehingga insya allah dapat menguasai gharibul Qur’an dan menguasai ilmu tajwid,” ujar Ustadz Harun.

Ustadz Harun juga menerapkan Metode Iqro, yang pembelajarannya diberikan kepada Andik Pas, metode ini untuk memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah, yang disertai aturan bacaan, dan makna. dengan tujuan agar Andik Pas dapat membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidahnya.

Selain itu diakhir pembelajaran Ust Harun juga memberikan tausiah tentang “Manusia Harus Berbuat Kebaikan dan selalu Berpasrah diri kepada Allah”, yang berguna untuk memberikan pemahaman agama islam kepada WBP dan Andik Pas, sehingga karakter islam yang dibentuk dalam diri WBP, dapat dijadikan sebagai pengingat ketika melakukan hal yang negatif. (Hajji Taruna)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending