Ganti Haluan Ekonomi, Mahasiswa di Makassar Bikin Aksi Jalan Mundur | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Ganti Haluan Ekonomi, Mahasiswa di Makassar Bikin Aksi Jalan Mundur

Published

on

Makasaartoday.com – Aksi unjuk rasa pelemahan rupiah atas nilai tukar dolar terus bergulir di Kota Makassar. Sejumlah elemen mahasiswa dan lembaga pemuda menyikapi kondisi ekonomi dengan cara turun ke jalan.

Salah satunya Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Kota Makassar. Tak hanya berorasi, puluhan demonstran juga melakukan aksi jalan mundur dari depan kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) sampai ke Flyover, Jl Urip Sumoharjo, Kamis (20/9/2018) siang.

Aldi Ardiansyah selaku Jendral Lapangan mengatakan, aksi jalan mundur menandakan bahwa sistem perekonomian Indonesia mengalami kemunduran. Pihaknya juga menegaskan, bahwa gerakan yang dilakukan tidak ditunggangi kepentingan politik, khususnya jelang Pilpres 2019.

alterntif text

“Kami tegaskan bahwa aksi kami tidak ditunggangi kepentingan parpol, baik dari ganti presiden ataupun 2 periode, namun kami menginginkan ganti haluan ekonomi,” tegasnya.

Massa aksi ini juga sempat mendapat sambutan baik dari legislator DPRD Provinsi Sulawesi Selatan hingga pada mereka membubarkan diri dengan tertib.

“Langkah tepat untuk saat ini adalah ganti haluan ekonomi, dari ekonomi neoliberal menjadi ekonomi pancasila,” tegas salah satu orator dalam aksi.

Situasi arus lalu lintas sempat terlihat terhambat. Pengguna jalan hanya bisa mengambil sisa jalan raya dari sisi kiri dan kanan.

Mereka juga mendesak pemerintah untuk mengambil sikap dengan mengeluarkan Perppu atas UU Nomor 24 tahun 1999 yang menjadi akar liberalisasi finansial dan jatuhnya kurs rupiah terhadap dolar. (Jordan)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending