Resmi Dibuka, HSL 2018 Siapkan Total Hadiah Miliaran Rupiah | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sports

Resmi Dibuka, HSL 2018 Siapkan Total Hadiah Miliaran Rupiah

Published

on

Makassartoday.com – High School League (HSL) 2018, sebuah liga eSports untuk para pelajar SMA di seluruh Indonesia secara resmi diumumkan.

HSL 2018, turnamen ini akan digelar di 8 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Solo, Surabaya, Malang, Medan, dan Makassar.

Pihak sekolah sudah mulai dapat mendaftarkan timnya yang akan berlaga dari 6 September hingga 12 Oktober 2018 secara online melalui situs HSL di www.ihsl.id.

HSL 2018 akan mempertandingkan DOTA 2 sebagai gim utama. Dipilihnya DOTA 2 karena gim Real Time Strategy ini dapat mendorong pemain untuk meningkatkan kemampuan kerjasama, kekompakan
pengambilan keputusan, strategi, sportivitas, dan disiplin.

Liga eSports pertama di Indonesia yang khusus digelar untuk pelajar SMA ini akan diadakan setiap Sabtu dan Minggu, dan berlangsung selama
satu semester.

Hadiah yang disediakan bagi pemenang sangat menarik dan bersifat edukatif, yaltu berupa beasiswa, penyediaan kurikulum eSports, biaya subsidi untuk guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler eSports, dan dukungan perlengkapan lab eSports sekolah berupa PC untuk gaming, dengan nilai total sebesar Rp1,2 miliar.

Presiden HSL 2018, Stevanus mengatakan, bahwa tujuan utama penyelenggaraan liga eSports antar pelajar SMA di Indonesia, HSL 2018, adalah untuk mencetak bibit-bibit baru dunia eSports Indonesia di masa mendatang yang berasal dari dunia pendidikan.

“eSports adalah jenis olahraga yang masih relatif baru di kalangan masyarakat luas, terutama di kalangan sekolah, yang menawarkan banyak peluang dari sisi prestasi dan aktualisasi diri, sportivitas dan pembangunan mental, maupun dari sisi ekonomi karena eSports saat ini telah membangun diri sebagai industri dengan valuasi yang besar,” ujarnya, Kamis (27/9/2018).

Menurutnya eSports adalah olahraga adu kecepatan dan kecerdasan dalam berstrategi, adu konsentrasi dan reflek yang perlu mendapatkan dukungan fisik yang prima.

Secara industri, jika dikelola secara profesional eSports juga merupakan bidang yang mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan ekonomi digital.

“Kami meyakini dunia pendidikan adalah mitra yang tepat bagi esports dalam mencari bibit-bibit muda penuh potensi dengan sikap dan perilaku yang baik, siap diandalkan untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, dan siap menjadikan bangsa ini kian kompetitif di era digital,” pungkas Stevanus. (Rangga)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending