3 Mayat Berhasil Dievakuasi di Kampung Biromaru Sigi | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

3 Mayat Berhasil Dievakuasi di Kampung Biromaru Sigi

Published

on

Makassartoday.com – Upaya evakuasi korbab gempa di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berlangsung. Salah satu fokus pencarian korban, yakni di Kampung Biromaru, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Rabu (3/10/2018).

Di wilayah ini menjadi lokasi terparah terdampak gempa, bahkan diperkirakan banyak warga tewas akibat tertimbun lumpur.

Satu regu dari Yonzipur-8/SMG Kodam XIV/Hasanuddin dipimpin Sertu Junaifi dan Basarnas Letda Ravrin di wilayah sektor Biromaru pada pukul 07.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita dengan bantuan alat berat escavator pengeruk lumpur, telah menemukan serta mengevakuasi tiga mayat akibat tertimbun lumpur pada permukaan tanahnya turun disebabkan gempa dan sunami.

Dengan segala kemampuan upaya yang ada keterbatasan alat berat anggota Yonzipur-8/SMG berjibaku membersihkan lumpur maupun puing -puing sisa bangunan pasca gempa dan tsunami, serta didukung alat berat eskavator dari Wika Karya sehingga mempermudah proses evakuasi korban yang tertimbun di Kampung Biromaru.

Di lokasi berbeda,Yonif Raider bersama tim Basarnas berhasil mengevakuasi mayat dari bawah reruntuhan Hotel Roa-Roa, Kota Palu.

alterntif text

Hotel Roa-Roa tempat penginapan di kawasan Maesa Kelurahan Lolu Timur Palu Sulawesi Tengah, rata luluh lantak akibat diguncang gempa bermangintudo 7,4 skala ricter dan disusul hempasan tsunami, di sinilah satu SSK Yonif Raider 700/WYC Kodam XIV/Hasanuddin dibawah pimpinan Lettu Inf Sahang dan tim Basarnas berpacu dengan waktu untuk mencari mayat dan kemungkinan masih ada yang hidup diantara puing- puing reruntuhan bangunan akibat gempa dan terjangan tsunami dan dimungkinkan korban ada yang bisa diselamatkan.

“Dukungan peralatan sangat terbatas dengan semangat jiwa dan raga yang sangat luar biasa, dan berhasil mengevakuasi korban dari puing- puing reruntuhan yang bisa membahayakan keselamatannya sendiri. Alhasil, dapat menemukan korban tujuh mayat dan bisa dievakuasi, yang terdiri dari lima mayat laki-laki dan dua mayat perempuan termasuk satu mayat laki-laki dari WNA, yang kesemuanya tamu penginapan hotel,” jelas Lettu Inf Sahang. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending