Tahan Ijazah Mantan Karyawan, Perusahaan Retail Avenue Didatangi Dewan | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Tahan Ijazah Mantan Karyawan, Perusahaan Retail Avenue Didatangi Dewan

Published

on

Makassartoday.com – Sejumlah anggota Komisi D Bidang Kesra, DPRD Kota Makassar mendatangi perusahaan retail Avenue, di lantai 2 Mal Panakkukang, Senin (15/10/2018).

Kedatangan Dewab ini dilakukan terkait kebijakan pihak manajemen yang diduga telah menahan ijazah milik beberapa mantan karyawan mereka.

Ketua Komisi D DPRD Makassar Sampara Sarief mengatakan, sejumlah mantan karyawan Avenue sebelumnya menyampaikan aspirasi ke pihaknya.

“Setelah kami menerima aspirasi itu, kemudian kami mengundang pihak manajemen Avenue untuk hadir di Rapat Dengar Pendapat, tapi pihak manajemen tidak datang. Untuk itu, kami langsung mendatangi mereka,” tegas Sampara.

Dia menjelaskan, bahwa tindakan yang dilakukan oleh manajemen Avenue tidak bisa dibenarkan sebab hal ini tidak diatur dalam aturan perjanjian kerja.

Adapun kebijakan itu, kata dia, sifatnya hanya kesepakatan. Meski sudah putus kontrak, ijazah masih ditahan. “Ini yang tidak boleh dibiarkan karena ini menyangkut nasib sebab ijazah-nya mantan karyawannya ditahan,” sorotnya.

alterntif text

Sampara Sarief menambahkan, pihaknya akan memanggil pengelola Mal Panakkukang dalam RDP untuk menjelaskan bahwa perusahaan retail Avenue bermasalah.

“Pemkot juga harus terlibat secara serius karens yang ditahan ijasahnya itu warga Kota Makasaar,” urainya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Penyelesaian Perselisihan Hubungan Indistrial (PPHI) Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Muchlis mengatakan, persolaan ini juga terkait sinkronisasi regulasi.

Menurutnya, semestinya Perda- Perda yang menyangkut perjanjian kerja itu dibenahi kembali, bila perlu dibuat pernyataan bahwa perusahaan tidak mempersyaratkan ijazah asli.

“Ini tdiak relevan, kalau persyaratan ijazah asli itu ketika terkait dengan finansial, perbankan atau perusahaan yang melakukan pelatihan sekitar beberapa bulan,” itu bisa mempersyaratkan Ijazah asli.

“Kalau perusahaan retail seperti Avenue ini tidak ada alasan, apalagi menahan ijasah karyawan yang sudah putus kontrak,” pungkasnya. (Rangga)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending