Tak Hanya Mamasa, 7 Daerah Ini Juga Diguncang Gempa | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Tak Hanya Mamasa, 7 Daerah Ini Juga Diguncang Gempa

Published

on

Makassartoday.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat belasan kali gempa di sejumlah wilayah Indonesia, sejak Senin (6/11/2018).

Meski guncangan terjadi berurut-turut, namun kekuatan gempa terbilang masih kecil, yakni di bawah 5 Skala Richter dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa terbaru yang dirilis pihak BMKG, yakni wilayah Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (7/11/2018), pada pukul 16.42 WIB dengan kekuatan 5.2 magnitudo, setelah pada Selasa kemarin juga diguncang beberapakali gempa berkekuatan 5.5 magnitudo.

Lokasi gempa berada pada 9 km Tenggara Makassar-Sulbar. Dalam website resmi BMKG disebutkan, bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sehari sebelumnya, Selasa (6/11/2018) tujuh daerah di Indonesia juga diguncang gempa. Gempa bumi terjadi di wilayah Gunungkidul, DIY pukul 19.59 WIB berkekuatan 3,1 SR.

Gempa juga mengguncang wilayah Sumbawa Barat, berkekuatan 3,2 SR itu terjadi pukul 18.34 WIB.

alterntif text

Gempa juga terjadi pada dini hari pukul 01:57:01 WIB di Badung. Gempa bermagnitudo 3,6 tersebut berpusat di 8 km timur laut Badung.
Gempa dirasakan di wilayah Denpasar dengan skala II.

Gempa terjadi pada pukul 08:00:14 WIB di Lombok Timur. Gempa bermagnitudo 4,6 tersebut berpusat di timur laut Lombok Timur.
Gempa dirasakan di beberapa daerah dengan skala yang berbeda, yaitu Lombok Utara (V), Lombok Timur (V), Lombok Barat (IV), Mataram (IV), Lombok Tengah (III).

Gempa terjadi pada pukul 09:09:51 WIB di Sangihe, Sulawesi Utara.
Gempa bermagnitudo 5,3 tersebut berpusat di laut, 21 km barat daya Kepulauan Sangihe. Gempa dirasakan di Sangihe dengan skala MMI III-IV.

Gempa terjadi pada pukul 13:12:56 WIB di Lombok Utara. Gempa bermagnitudo 3,4 tersebut berpusat di darat, 4 km Barat laut Lombok Timur. Gempa dirasakan di Lombok Utara dengan skala MMI II.

Gempa terjadi pada pukul 13:49:58 WIB di Pulau Panjang. Gempa bermagnitudo 4,8 tersebut berpusat di laut 7 km Tenggara Pulau Panjang. Gempa dirasakan di Lombok Timur dan Sumbawa dengan skala MMI II. (bs)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending