Oknum PNS Pemkot Makassar Jadi Joki Seleksi CPNS | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Oknum PNS Pemkot Makassar Jadi Joki Seleksi CPNS

Published

on

Makassartoday.com – Seorang oknum PNS lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar harus berurusan dengan pihak kepolisi lantaran terlibat dalam kasus joki seleksi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.

Identitas pelaku diketahui bernama Andi Slamet alias Memet (30) bekerja di bagian Koperasi Pemkot Makassar. Ia ditangkap di wilayah Kecamatan Bontoala, Rabu (7/11/2018).

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pelaku merupakan buronan dalam kasus joki seleksi CPNS. Sebelumnya polisi telah mengamankan enam orang dalam kasus ini.

“Salah satu pelaku seorang PNS di Kota Makassar bagian koperasi,” terang Dicky dalam konfrensi pers di Mapolrestabes Makassar, Kamis (8/11/2018).

Selain Memet, polisi juga menangkap M. Rusnan (33), Selasa (6/11/2018) karena terlibat dalam kasus yang sama.

alterntif text

“Peran dari kedua pelaku ini mereka lah yang membuat identitas palsu. Jadi kejadian 28 Oktober lalu para joki masuk kedalam ruangan seolah-olah mereka adalah peserta CPNS dengan menggunakan identitas palsu,” terang Dicky.

Dihadapan polisi, Memet mengaku memiliki peran sebagai perantara untuk membuat identitas palsu joki CPNS. Meski begitu, ia mengungkapkan baru pertama kali terlibat dalam kasus seperti ini.

“Saya sebagai perantara pak untuk buat KTP. Baru kali ini pak terlibat,” ucapnya.

Dalam kasus ini, kedua pelaku disangkakan pasal 263 ayat 1 dan 2 juncto pasal 55 ayat 1 KUHP yang merupakan tindak pidana pemalsuan surat dan menggunakan surat palsu dan atau turut serta melakukan kejahatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama enam tahun. (Rusdi)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending