Dewan Target Tiga Ranpeda Rampung Akhir Tahun Ini | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Dewan Target Tiga Ranpeda Rampung Akhir Tahun Ini

Published

on

Makassartoday.com – Kendati mampu menyelesaikan proses pembahasan RAPBD Perubahan 2018 dan Pokok 2019, namun lembaga DPRD Kota Makassar masih diperhadapkan oleh sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) di akhir tahun ini.

Terdapat tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda) tahun 2018 belum juga rampung, salah satunya Ranperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTL).

Hal itu mengemuka dalam Diskusi Publik Refleksi Akhir Tahun “Optimalisasi Kinerja Anggota DPRD Dalam Mengawal Pembangunan Makassar 2019”, yang digelar Sekretariat DPRD Makassar di Hotel Grand Imawan, Selasa (4/12/2018).

Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali mengatakan, Ranperda RDTL Kota Makassar yang merupakan ranperda inisiatif pihak eksekutif itu, ditargetkan pihak ya rampung pada akhir tahun ini.

“Dalam satu tahun ini bersama Anggota DPRD, di DPRD sudah melakukan pembahasan APBD Pokok dan Perubahan dengan tepat waktu. Tapi masih ada beberapa Ranperda yang belum tuntas pembahasannya di Pansus utamanya Ranperda RDTL. Kita usahakan rampung tahun ini,” kata Ara, sapaan akrabnya.

alterntif text

Menurutnya, keterlambatan pengesahan Ranperda RDTL dikarenakan perlunya perbaikan beberapa pasal dalam naskah akademik yang diusulkan.

“Beberapa pasal yang tertera di naskah akademik masih perlu diperbaiki oleh pemerintah kota,” urainya.

Ara juga mengklaim kinerja anggota DPRD Makassar dalam menjalankan fungsinya sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada yang belum maksimal.

“Tetapi kedepannya akan lebih baik lagi,” ujar Ketua Demokrat Makassar itu.

Dikatakan bersama Badan Musyawarah (Bamus), Pansus Ranperda sudah bersepakat untuk dijadwalkan penuh dan diselesaikan dalam bulan Desember ini.

“Ada beberapa yang kita akan jadwalkan, seperti Ranperda Perlindungan Perawat dan Ranperda Rusun ini sudah tahap finalisasi dan akan disahkan dalam waktu dekat ini,” janjinya.

Pada diskusi akhir tahun itu hadir pula Kabid Sosial Budaya Bappeda Kota Makassar Muh Amri Akbar dan Akademisi Amir Shadiq. (Rangga)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending