Puluhan Warga Lapas Makassar Jalani Pemeriksaan Kesehatan | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Puluhan Warga Lapas Makassar Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Published

on

Makassartoday.com – Peningkatan pelayanan kesehatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), khusunya WBP yang sedang menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapenaling), wajib untuk mendaftarkan identitas diri dan riwayat penyakit yang pernah WBP alami di Klinik Lapas Kelas I Makassar, Selasa (4/12/2018).

Terdapat beberapa tahap pemeriksaan yang diambil keterangannya, mulai dari pemeriksaan fisik menyangkut, tanda-tanda vital, pemeriksaan tatto, tindik serta riwayat penyakit yang dialami WBP tak luput dari pendataan petugas.

“Pemeriksaan fisik dan riwayat penyakit, meliputi Hepatitis, Malaria, Tb, HIV, dan banyak lagi. Pemeriksaan ini untuk mengetahui penyakit WBP yang masuk di golongan resiko tinggi dan riwayat penyakit yang harus ditangani lebih lanjut,” jelas dr. Ita, petugas kesehatan Lapas Kelas I Makassar.

alterntif text

Selain itu, riwayat alkohol, pengunaan narkoba, hingga riwayat seks bebas dan LSL juga didata oleh petugas. Hal itu untuk mencegah penularan penyakit terhadap WBP yang lain, serta perekaman medis ini diharapkan dapat memudahkan petugas untuk melakukan VCT terhadap WBP nantinya.

“Kami berharap perekaman medis ini dapat membantu tim klinik Lapas Makassar dan petugas jika saja WBP memiliki penyakit yang serius sehingga harus ditangani sesegera mungkin. Nah untuk selanjutnya jika WBP berkenan untuk ditindak lanjuti penyakitnya, maka tim klinik lapas akan menyarankan untuk VCT,” kata dr. Ita.

Data dari 30 orang WBP yang telah memberikan keterangan kesehatan dan identitas diri di Klinik Baharuddin Suryobroto Lapas Kelas I Makassar, nantinya akan dipertimbangkan jika riwayat penyakit yang WBP idap harus dilakukan penanganan khusus, serta rekam medis ini juga sebagai kesimpulan apabila WBP dapat dipekerjakan atau tidak nantinya. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
Comments

Trending