Pemprov Minta Pemkot Tak Ubah Status Terminal Mallengkeri | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Pemprov Minta Pemkot Tak Ubah Status Terminal Mallengkeri

Published

on

Makassartoday.com – Pemerintah Provinsi Sulsel Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mengakui beberapa daerah masih belum menyerahkan pengelolaan terminal tipe B, termasuk Kota Makassar.

alterntif text

Hal itu disampaikan Plt Sekretaris Provinsi Sulsel, Azhari Radjamilo kepada wartawan usai menghadiri Paripurna DPRD Sulsel, Jumat (4/1/2019).

Meski mengakui ada penolakan, namun pihaknya memastikan akan mengambil alih seluruh terminal tipe B, termasuk Terminal Mallengkeri yang dikelola Pemkot Makassar.

“Iya memang (daerah masih menolak), tapi pastilah mau tidak mau, suka tidak suka pemerintah kota/kabupaten akan menyerahkan itu, inikan bertahap, sama seperti SMA/SMK dulu, masih ada beberapa pemerintah kota/kab yang enggan memberikan, tapi kan tidak bisa, aturan ini, harus diserahkan tidak boleh ada yang menolak yang seperti itu,” tegasnya.

alterntif text

Dia juga mengingatkan agar pemerintah kabupaten/kota yang memiliki terminal tipe B tidak mengubah jadi terminal tipe C. Karena, data lama yang dikeluarkan kementerian perhubungan, kata dia, masih ada.

“Sudah ada data-data yang mengatakan bahwa ada 16 kabupaten kota yang mempunyai terminal tipe B tidak boleh diturunkan tipenya, pasti itu tipe B tidak boleh diturunkan tipe C,” ujarnya lagi.

Adapun alasan utama pengalihan kepengelolaan ini, kata dia, sudah sesuai aturan UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Sekadar diketahui 12 daerah yang memiliki terminal tipe B yang belum diserahka ke Pemprov Sulsel, yakni Terminal Mallengkeri di Makassar, Terminal Maros, Terminal Pangkajene Pangkep. Selanjutnya, Terminal Soreang Parepare, Terminal Pinrang, Terminal Lawo Woi Sidrap, dan Terminal Soppeng. Adapula Terminal Callaccu Wajo, Terminal Belopa Luwu, Terminal Dangerakko Palopo, Terminal Cappa Bungaya Gowa dan Terminal Takalar. (Farel/foto ist)

BAGIKAN:
Comments

Trending