Warga Binaan Lapas Makasar Khatam Al-Qur'an | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Warga Binaan Lapas Makasar Khatam Al-Qur’an

Published

on

Makassartoday.com – Membaca Alquran telah menjadi kebiasaan bahkan tradisi umat Islam. Kebaikan tersebut biasa dilakukan di masjid, mushalla, tempat pengajian, termasuk di rumah sekalipun di dalam lembaga pemasyarakatan.

Sejatinya Al-Qur’an dijadikan sebagai pelajaran, petunjuk, dan pedoman hidup, pembenar kitab-kitab suci sebelumnya, pemberi kabar gembira bagi umat Islam, menjadi rahmat dan juga obat bagi orang-orang yang beriman.

Seperti halnya yang dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas I Makassar mengikuti Khatam Al-Qur’an bersama peguruan tinggi ilmu Qur’an dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Aula Lapas Kelas I Makassar, Jumat (11/1/2019).

Melalui Teleconfrence Ditjen Pemasyarakatan bersama seluruh UPT Lapas/Rutan Se-Indonesia, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, ajak seluruhWBP khatamkan al-Qur’an dihari Jum’at yang penuh dengan berkah.

Sebanyak 30 orang WBP dari Lapas Kelas I Makassar ikut serta khatamkan Al-Quran yang dipimpin lansung oleh Dirjen PAS.

alterntif text

Pada kegiatan Khatam Al-Qur’an ini, Kepala Satuan Kerja Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono, turut hadir disisi-sisi WBP yang sedang melantunkan ayat suci Al-Qur’an, didampingi Kepala Pengamanan, dan Kepala Pembinaan Lapas Kelas I Makassar.

Khataman Al-Quran atau kegiatan membaca Al-Quran yang dimulai dari surah Al-Fatihah hingga surah an-naas (114 surah), dilakukan secara berurutan, yakni mulai dari juz 1 hingga juz 30,seperti halnya WBP Lapas Makassar dilakukan secara serentak, yakni 30 juz dengan dibagi sesuai jumlah peserta yang hadir.

“Sebagaimana dengan sabda Rasullullah Pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada orang-orang yang membaca Alquran akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat. Apalagi hari ini hari Jumat sudah semestinya kita sebagai muslim memperbanyak amalan saleh. Mengingat hari jum’at juga merupakan hari yang mulia, hari dimana terkabulnya doa dan memiliki banyak keutamaan” jelas
Kepala Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono.

Budi berharap, dengan adanya kegiatan ini WBP Lapas Makassar dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan selalu mencintai Al-Qur’an, serta senantiasa berpendoman, mengambil pelajaran dan petunjuk didalamnya, sehingga WBP dapat menjadi pribadi yang baik bagi masyarakat. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Comments

Trending