Polisi Gerebek Markas Begal di Katimbang | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Polisi Gerebek Markas Begal di Katimbang

Published

on

Makassartoday.com – Tim Khusus Polda Sulsel, Tim Reskrim Polsek Tamalanea dan Biringkanaya dipimpin Ipda Artenius MB menggulung belasan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) alias begal, tiga diantaranya adalah wanita bertato, Senin (14/1/2019) dini hari.

alterntif text

Mereka yang diamankan diduga kuat merupakan kawanan pelaku begal yang sering beraksi di wilayah hukum Polsek Biringkanaya dan Tamalanrea.

Penangkapan bermula saat Tim gabungan melakukan pengejaran seorang DPO kasus begal berinisial PP yang berhasil diringkus di Jl Sukaria.

“Hasil interogasi pelaku ini mengakui perbuatannya melakukan aksi curas bersama komplotannya disekitar wilayah Tamalanrea dan Biringkanya,” jelas Ipda Artenius MB.

Dari pengakuan PP, tim gabungan kembali bergerak mencari komplotan pelaku yang tengah berada di sebuah rumah di Jl Poros Katimbang, Kelurahan Karimbang, Kecamatan Biringkanaya.

“Di lokasi ini tim gabungan memblokade lokasi lalu mengepung sebuah rumah. Salah satu anggota kemudian melakukan pengintaian untuk memastikan keberadaan pelaku dengan cara mengendap-endap,” jelasnya.

Tanpa menunggu lama, markas komplotan pelaku digerebek, mereka yang berada di dalam berjumlah tujuh orang satu dari mereka adalah wanita turut digulung.

“Di lokasi pertama yang diamankan berjumlah tujuh orang dan satu wanita. Dari lokasi ini juga ditemukan 2 bilah parang dan satu unit motor,” kata Ipda Artenius MB.

Tidak sampai disitu, tim gabungan menggiring pelaku lainnya yang tengah berada di rumah orang tuanya tepatnya di Kompleks Perumahan Gowa Ria.

alterntif text

Dari rumah itu, petugas juga menemukan salah seorang pelaku WB. Namun penangkapan WB sempat dihalangi pihak keluarga.

“Ibunya mengahalangi petugas dengan cara duduk di depan pintu rumahnya lalu memohon ke petugas kepolisian untuk tidak membawa anaknya,” sambug Ipda Artenius MB.

Meski begitu, pihaknya memberikan pengertian ke pihak keluarga dan meminta pelaku bersikap kooperatif.

“Kita berhasil memberikan pengertian kepada ibu pelaku. Selanjutnya pelaku ini kita bawa melakukan proses pengembangan,” ucap Ipda Artenius MB.

Kepada polisi WB menyebutkan bahwa masih ada keterlibatan rekannya dan dua orang lainnya tak jauh dari rumahnya.

Tim gabungan mendatangi rumah seorang pelaku dan berhasil mengamankan pelaku lain yakni A berikut barang bukti 1 unit motor Yamaha Vega yang digunakan saat beraksi.

Dari sini kemudian petugas kembali mengamankan lelaki C serta 1 unit motor Honda yang digunakan saat beraksi.

“Dari rumah ini, tim gabungan menuju ke Jl Perintis tepatnya di Jalan Bung dan di lokasi ini kita amankan lelaki K yang merupakan kawanan para pelaku,” tambah Ipda Artenius MB.

Ipda Artenius mengungkapkan, mereka yang berhasil diamankan berjumlah belasan orang. Selain itu, pihaknya juga mengamankan tiga wanita bertato yang ditemukan bersama komplotan begal.

“Jadi yang tiga wanita bertato diamankan itu mereka dimintai keterangannya jangan sampai mereka juga terlibat,” kuncinya.

Kasus ini masih dalam pengembangan barang bukti, dimana ada diantara mereka yang telah menjarah barang korbannya menjualnya lewat media sosial maupun ke para penadah. (Askay Khan)

BAGIKAN:
Comments

Trending