18 Kasus DBD Di Makassar, Ini Yang Dilakukan Dinkes - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

18 Kasus DBD di Makassar, Ini Yang Dilakukan Dinkes

Published

on

Makassartoday.com – Penyakit Demam Berdarah Dengue (BDB) mulai menyerang warga di Kota Makassar. Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat sedikitnya 18 kasus BDB hingga 25 Januari 2019.

“Di Makassar, kita hanya temukan 18 temuan kasus demam berdarah itu per tanggal 25 Januari. Kenapa? Kita telah melakukan antisipasi supaya tidak terjadi,” beber Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Makassar dr. Hj. A. Naisyah T. Azikin M.Kes , Kamis (31/01/2019).

Meski demikian, kata dia, kota Makassar belum masuk pada kondisi kejadian luar biasa (KLB). Dia menjelaskan, siklus demam berdarah terjadi setiap lima tahun. Terakhir di tahun 2018 lalu.

alterntif text

“Minggu pertama 2019 ini memang sudah ada kasus demam berdarah di rumah sakit. Kasusnya itu bukan KLB karena kalau KLB itu kasusnya sudah dua kali lipat,” pungkasnya.

Sebagai upaya meminimalisir berkembang biak hingga penyebaran jentik nyamuk telah dilakukan sosialisasi di tingkat puskesmas. Termasuk melakukan fogging atau penyemprotan nyamuk pembawa virus DBD.

“Ada tiga kelurahan yang kita fogging massal, yaitu Ballaparang, Bakung dan Sudiang. Kalau fogging focus kalau di daerah tersebut ada kasus,” ujar Naisyha.

Dia menambahkan, usia yang rentan terserang penyakit BDB mulai dari usia 1 tahun hingga 18 tahun. (Rusdi)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending