Bandara Juanda Tutup, Pesawat Take Off dari Makassar Kembali Lagi | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Bandara Juanda Tutup, Pesawat Take Off dari Makassar Kembali Lagi

Published

on

Makassartoday.com – Dampak kerusakan runway (Landasan Pacu) di Bandara Juanda, Surabaya, sejak pagi tadi, Kamis (7/2/2019) pagi, menyebabkan bandara internasional ini tutup sementara.

Sejumlah penerbangan pun mengalami penundaan jadwal kedatangan maupun keberangkatan pesawat (delay). Kerusakan runaway ini juga berdampak pada pengalihan penerbangan sejumlah pesawat.

Di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Penerbangan pesawat dari Makassar ke Surabaya harus kembali atau dikenal dengan istilah Return to Base.

“Penerbangan Makassar ke Surabaya harus kembali ke Makassar karena di dapatkan informasi bandara tertutup. Sampai sekarang kami belum dapatkan update perbaikan tersebut,” ujar General Manager AirNav Indonesia Cabang Makassar, Novy Fantariyanto, Kamis (7/2/2019).

Penutupan bandara Juanda kata Novy, diakibatkan landasan pacu terkelupas. Sehingga secara savety tidak diperbolehkan untuk penerbangan.

“Kami telah berkoordinasi dengan AirNav Surabaya, Bali, Yogyakarta, dan Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan bandara alternatif apabila terdapat pesawat yang telah melakukan penerbangan ke surabaya namun tidak bisa mendarat,” jelasnya.

alterntif text

Menurutnya, kerusakan ini sangat mengganggu penerbangan karena sebagian akan dialihkan ke bandara semula, atau yang sudah menuju ke Surabaya harus dipersiapkan bandara alternatif,” jelasnya.

Namun, ia berharap dalam waktu dekat landasan bandara Juanda bisa teratasi. Sebab penundaan penerbangan ke Surabaya ini berakibat fatal.

“Lumayan tinggi satu jam ini kurang lebih 25 penerbangan yang dibatalkan, kalau tiga jam ini dapat kita hitung kurang lebih 70 penebangan yang tunda,” pungkasnya.

Sementara itu, General Manager Bandar Udara Internasional Juanda
Heru Prasetyo, dalam keterangan tertulisnya, memohon maaf kepada masyarakat atas penutupan sementara bandara Juanda ini.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penutupan sementara Bandara Juanda pagi ini. Saat ini tim teknik kami secara cermat tengah melakukan perbaikan pada bagian landas pacu yang mengalami kerusakan sebagai komitmen kami terhadap keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata Heru.
(*/Adn).

BAGIKAN:
Comments

Trending