Prabowo-Sandi Unggul di Kaum Terpelajar Versi LSI | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Prabowo-Sandi Unggul di Kaum Terpelajar Versi LSI

Published

on

Makassartoday.com – Hasil survei LSI Denny JA menyebutkan, elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul di lima kantong suara di Pilpres 2019.

Sementara, menurut peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, paslon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di satu kantong suara, yakni di kalangan pemilih kaum terpelajar.

“Satu kantong pemilih penting lainnya adalah kaum terpelajar, Jokowi-Ma’ruf kalah dari Prabowo-Sandi. Artinya, kalau dibuatkan skor, dari enam kantong suara, Jokowi-Ma’ruf menang 5-1 dari Prabowo-Sandi,” katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Segmen kaum terpelajar, ujar Adjie, memiliki nilai yang signifikan karena mencapai angka 11,5 persen. Apalagi, menurutnya, pemilih terpelajar juga cukup penting karena kemampuan memengaruhi opini publik.

Dia menyebut, dukungan untuk Prabowo-Sandi di segmen itu mencapai 44,2 persen, sedangkan Jokowi-Ma’ruf di angka 37,7 persen.

“Meskipun unggul, keunggulan Prabowo-Sandi hanya di bawah 10 persen terhadap Jokowi-Ma’ruf di segmen pemilih ini. Ada 18,1 persen pemilih kalangan pelajar yang belum menentukan pilihannya,” ujarnya.

alterntif text

Adapun di kantong suara lainnya, ungkap Adjie, Jokowi-Ma’ruf unggul dari Prabowo-Sandi, di antaranya di kalangan pemilih muslim. Dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf, sebut dia, mencapai 49,5 persen dan Prabowo-Sandi 35,4 persen.

“Di kantong suara pemilih minoritas, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan dukungan 86,5 persen dan Prabowo-Sandi 4,7 persen. Hanya 8,8 persen pemilih minoritas yang belum menentukan pilihan,” ungkap dia.

Sedangkan untuk segmen suara wong cilik, lanjut Adjie, Jokowi-Ma’ruf menang dengan dukungan 58,4 persen dan Prabowo-Sandi 24,7 persen. Kemudian di segmen pemilih mak-mak atau perempuan, Jokowi-Ma’ruf memperoleh dukungan 57 persen dan Prabowo-Sandi 27,8 persen.

“Selisih elektabilitas kedua pasangan calon di pemilih mak-mak mencapai 30 persen. Ada sebesar 15,2 persen pemilih mak-mak belum menentukan pilihan,” lanjut dia.

Kemudian, imbuh Adjie, untuk segmen pemilih milenial, Jokowi-Ma’ruf juga menang dengan dukungan 52,6 persen, dan Prabowo-Sandi sebesar 33,8 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan sebesar 13,6 persen.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 18-25 Januari 2019 dengan melibatkan 1.200 responden dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,8 persen. (*)

BAGIKAN:
Comments

Trending