Waspada Ancaman Kanker Dari Ikan Yang Terpapar Mikroplastik | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Waspada Ancaman Kanker Dari Ikan Yang Terpapar Mikroplastik

Published

on

Makassartoday.com – Mikroplastik yang dihasilkan dari sampah yang dibuang ke laut, tak hanya dapat mengancam ekosistem laut, tetapi juga memicu penyakit kanker bagi masyarakat.

Sejumlah penelitian menyebutkan, beberapa jenis ikan yang sering dikonsumsi masyarakat saat ini mulai terpapar mikroplastik.

Hal itu diungkapkan, Winarni Monoarfa, selaku Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Pusat dan Daerah di Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, di acara Peringati Hari Kanker Sedunia di Gedung CPI Makassar, Jumat (8/2/2019).

Baca Juga : Waspada! Pesisir Sulawesi Selatan Paling Banyak Terpapar Mikroplastik

“Mikroplastik dari hasil pelapukan sampah plastik yang termakan ikan bisa menyebabkan penyakit kanker, jika ikan itu dikonsumsi manusia,” ujarnya.

Menurutnya sampah plastik yang dibuang ke laut umumnya mengandung mikroplastik yang dapat terkonsumsi oleh ikan dan menjadi salah satu sumber racun karsinogen.

“Jika dikonsumsi oleh manusia, dalam jangka panjang, akumulasi dari mikro plastik ini bisa berubah menjadi racun yang dapat menimbulkan penyakit yang serius bagi manusia dan keturunannya,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, melalui peringatan kanker sedunia ini, bisa menanamkan rasa kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian laut.

“Sulawesi Selatan masuk kategori pengguna plastik terbanyak di Indonesia. Karena itu dengan peringatan hari kanker sedunia ini, masyarakat bisa lebih tegas lagi untuk mengurangi plastik,” tuturnya.

Sekadar diketahui, peringatan hari kanker sedunia yang tahun ini diselenggarakan di Kota Makassar, bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa kanker dapat dikendalikan bersama dan mulai dari diri sendiri.

Tema tahun ini, “Pencemaran limbah mikroplastik dan bahaya kanker di Indonesia” bisa menegaskan kepada setiap orang, dapat berperan dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker.

Kegiatan yang akan diisi dengan Seminar Nasional, Pola Simposium akan digelar pada Sabtu (9/2/2019) besok di Wisma Negara CPI, dan Jalan sehat bersama ribuan masyarakat se-Sulawesi Selatan, akan digelar pada Minggu (10/2/2019).

Kegiatan ini menggadeng Pemprov Sulsel, Perhimpunan Onkologi, Kementerian Lingkungan hidup, Kementerian Kesehatan, dan Yayasan Kanker Indonesia. (Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Trending