Isu Lingkungan Minim Perhatian Peserta Capres 2019 | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Isu Lingkungan Minim Perhatian Peserta Capres 2019

Published

on

Makassartoday.com – Lembaga SatuDunia, memantau konten kampanye yang dilakukan calon presiden maupun timnya di media sosial selama masa kampanye 2019.

Dari hasil pantauan di tiga kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Makassar dan Banjarmasin, menyebutkan isu ekonomi merupakan isu yang mendominasi kampanye masing-masing capres di media sosial.

Tercatat Pasangan Prabowo-Sandi lebih banyak mengangkat isu ini dibanding Jokowi-Ma’ruf. Dengan persentase tim Prabowo-Sandi sebanyak 37,41 persen. Sementara tim Jokowi-Ma’ruf hanya 29,64 persen.

“Sementara isu lingkungan kurang mendapatkan perhatian dari kubu kedua pasangan Capres dan Cawapres,” ujar Anwari Natar selaku Program Manager SatuDunia, di Makassar, Rabu (13/2/2019).

Padahal, kata Anwar, dalam konsep pembangunan berkelanjutan, persoalan ekonomi tidak bisa dipisahkan dengan lingkungan hidup. 

“Pembangunan ekonomi akan berakhir pada kebangkrutan bila hanya menghasilkan kerusakan alam. Keduanya harus berjalan seiring. Namun, masing-masing capres nampaknya tidak begitu tertarik dengan isu lingkungan hidup dalam kampanye mereka di media sosial,” ujarnya.

Menurut Anwari, para capres terlihat masih menganut paradigma usang, yakni pertumbuhan ekonomi merupakan syarat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Padahal, paradigma usang itu sudah rontok ketika pertumbuhan ekonomi yang mengesampingkan kelestarian alam justru mengakibatkan bencana alam yang pada akhirnya justru membuat masyarakat jauh dari sejahtera.

“Mungkin karena masing-masing capres adalah pengusaha-pengusaha di sektor pertambangan, perkebunan skala besar, properti dan sektor-sektor lain yang dalam operasionalnya rentan menyebabkan kerusakan alam sehingga isu lingkungan tidak menjadi proritas,” pungkasnya.

Anwar menuturkan, selain lingkungan. Isu gender, penyandang disabiltas, Keberagaman dan isu kasus korupsi juga tidak mendapatkan porsi kampanye di Media sosial dari dua kubu pasangan Capres dan Cawapres di media sosial.
(Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Trending