Usut Video 15 Camat Dukung Jokowi-Ma'ruf, Panwaslu Bentuk Tim Investigasi | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Usut Video 15 Camat Dukung Jokowi-Ma’ruf, Panwaslu Bentuk Tim Investigasi

Published

on

Makassartoday.com – Beredar di media sosial video mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama 15 Camat se-Kota Makassar mendukung capres dan cawapres nomor urut 01.

Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik itu, SYL dan 15 Camat Makassar kompak menyatakan tekad untuk mendukung capres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin untuk satu periode lagi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Panwaslu Makassar, Nursari menegaskan, telah membentuk tim ivestigasi terkait video tersebut, pihaknya juga telah melayangkan surat pemanggilan kepada 15 Camat di Kota Makassar.

Dikatakan pihaknya juga sudah melayangkan surat undangan kepada saksi-saksi yang kami anggap relevan dengan viralnya video tersebut. Mudah-mudahan besok mereka kooperatif dan memenuhi undangan Bawaslu.

Nursari mengatakan bahwa ASN tetap punya hak politik tapi bukan berarti mereka bebas melakukan aktivitas politik praktis.

Semestinya menghindari kegiatan politik praktis, termasuk mengampanyekan orang, baik terlibat langsung maupun dilibatkan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Gerindra Sulsel, Edy Arsyam sangat menyesalkan atas tindakan yang dilakukan para Camat di Kota Makassar, secara terang-terangan mendukung salah satu kandidat di Pilpres 2019.
dan sangat mengganggu.

Menurutnya karena mereka abdi negara yang seharusnya menjadi contoh kepada masyarakat dalam hal berpolitik yang sebenarnya.

Dijelaskan, aktivitas seorang ASN yang terlibat dalam politik praktis, sudah pasti melanggar peraturan yang ada. Sementara dalam pasal 280 ayat 3 bagi siapa saja baik tim atau pelaksana kampanye melibatkan orang lain termasuk ASN itu juga termasuk pidana.

“Maka akan dikenakan sanksi kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak 12 juta rupiah,” tegasnya. (Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Trending