Unjuk Rasa di Kantor Dit Lantas Polda Sulsel Soroti Dugaan Pungli Plat Kendaraan | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Unjuk Rasa di Kantor Dit Lantas Polda Sulsel Soroti Dugaan Pungli Plat Kendaraan

Published

on

Makassartoday.com – Puluhan orang mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Lalulintas Berkeadilan menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Direktorat Lalulintas (Dit Llantas) Polda Sulsel, Jl AP Pettarani, Kamis (4/3/2019) siang.

Mereka menuntut agar pihak Dit Lantas Polda Sulsel untuk tidak diskriminatif dalam hal pelayanan lalulintas, khususnya pada dugaan pungutan tidak berdasar penjualan plat kendaraan secara bebas yang tidak sesuai dengan spek Korlantas Polri.

Tak hanya itu, mereka juga mendesak Kapolda Sulsel untuk mengevaluasi beberapa pejabat lingkup Dit Lantas yang mereka sebut gagal dalam menerapkan sistem pengawasan yang berdampak pada maraknya aksi pungutan liar (pungli).

“Kami minta Kapolda untuk mengevaluasi kinerja Dit Lantas Sulsel dan jajarannya. Mereka tidak mampu melakukan pengawasan dan pembinaan sehingga praktek pungli maaih ada dimana-mana,” tegas Koordinator Aksi, Akbar Haruna.

Selain itu, para mahasiswa ini juga mengeluhkan lambatnya proses pembuatan BPKB kendaraan, yang mengakibatkan banyaknya beredar plat putih di wilayah Sulsel.

alterntif text

“Kami minta Kapolda copot Kasi BPKB yang tidak bisa mengevaluasi jajarannya dengan banyak keluahan dari beberapa dealer terkait keterlambatan proses BPKB,” tegasnya lagi.

Aksi unjuk rasa ini sempat diwarnai insiden antara petugas dan demonstran, dimana salah satu personel Polsek Panakkukang yang mengamankan aksi mengalami luka bakar saat berusaha memadamkan api yang membakar ban bekas.

Aksi bakar ban bekas ini dihalau petugas lantaran memicu kemacetan di ruas Jl AP Pettarani.

Usai menyampaikan aspirasi, para demonstran kemudian meninggalkan kantor Dit Lantas Polda Sulsel dengan tertib dan kembali menggelar aksi di depan kampus UIN Alauddin. (Askay Khan)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending