Kantor Imigrasi Deportasi 2 WNA di Makassar | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Kantor Imigrasi Deportasi 2 WNA di Makassar

Published

on

Makassartoday.com – Dua Warga Negara Asing (WNA) dideportasi dari Kota Makassar. Mereka adalah Muhammad Fadzly (26) berasal dari Malaysia dan Ronal Akuwere dari Papua Nugini (21).

Kepala Kantor Imigrasi Makassar Andi Pallawarukka mengatakan, Muhammad Fazley warga negara Malaysia dideportasi karena melanggar izin tinggal bagi orang asing.

“Fazley melanggar aturan tinggal untuk orang asing,” ujar Andi Pallawarukka di Kantor Emigrasi Makassar Jumat (15/3/2019).

Andi pallawa menjelaskan, WNA asal Malaysia ini sebelumnya pernah ditangkap oleh kepolisian dan pihak imigrasi Malaysia karena dianggap TKI ilegal.

Dari pengakuannya, sekitar bulan Mei 2018 saat sedang tidur di masjid Tawau Malaysia, polisi datang merazia TKI ilegal. Kerana Fazley pada saat itu tidak bisa menunjukkan kartu identitasnya karena hilang.

“Maka bersangkutan dianggap WNI atau tenaga kerja yang bekerja di Malaysia secara tidak prosedural. Kemudian ia dideportasi ke Indonesia (Makassar),” jelasnya.

Namun pada saat berada di Indonesia, pihak kepolisian meminta bukti kewarganegaraannya. Tapi bersangkutan mengaku bahwa sebenarnya dia warga negara Malaysia.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan BAP dan berkoordinasi dengan pihak kedutaan Malaysia ternyata betul yang bersangkutan adalah warga negar Malaysia dan dokumen juga sudah dikeluarkan oleh kedutaan di Jakarta.

“Dan kemungkinan rencananya kita akan deportasi juga pada hari ini melalui bandar udara Hasanuddin,” ujar Andi Pallawa.

Sementara untuk Ronal, kata Andi Pallawa harus dideportasi dari Indonesia lantaran telah terlibat dengan peredaran narkoba, dimana sebelumnya telah menjalani masa tahanan di lapas narkoba Bolanggi Makassar.

“Kalau untuk warga Papua Nugini ini dia kasus narkoba dan kemungkinan minggu depan kita akan deportasi ke negaranya. Tinggal menunggu dokumen perjalanannya dari perwakilan Papua Nugini,” pungkasnya. (Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Trending