MenkumHAM Ingin ZI-WBK di Lapas Makassar Dipercepat | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

MenkumHAM Ingin ZI-WBK di Lapas Makassar Dipercepat

Published

on

Makassartoday.com – Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) mendorong Lapas Kelas I Makassar, dalam percepatan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBK).

Hal itu disampaikan Staff Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Ekonomi, Rizulu saat melakukan kunjungi di Lapas Kelas I Makassar, Selasa (19/3/2019).

Sebelum melewati pintu utama Lapas Makassar, Rizulu bersama rombongan memantau lebih dulu halaman sekitar lapas, mulai dari pusat pembinaan pertanian, area parkir pegawai dan kunjungan, hingga ruang tunggu pengunjung.

Ada yang menarik perhatian Rizulu ketika berada di ruang tunggu pengunjung, dimana Rizulu melihat adanya pojok baca dan colokan listrik untuk charge handphone pengunjung.

Rizulu mengatakan bahwa pojok baca yang disediakan tersebut dapat menjadi nilai tambah Lapas Makassar dalam meraih predikat WBK.

“Selain dapat menghilakan kejenuhan pengunjung, pojok baca ini juga dapat menambah wawasan pengunjung dengan membaca buku, Rizulu juga menambahkan bahwa ia akan mengirimkan buku-buku untuk disimpan di Pojok Baca ruang kunjungan Lapas Makassar,” ujarnya.

Kepala Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono yang mendampingi Rizulu mengaku siap menerima saran-saran dan masukan untuk menunjang pembangunan Zona Integritas oleh Staff Ahli Menkumham.

“Saya siap menerima saran dan masukan yang diberikan beliau, dampaknya semuakan akan kembali kepada kita, progress pembangunan ZI-WBK dan WBBM di Lapas Kelas I Makassar juga akan lebih cepat jika diberikan masukan-masukan pendukung,” tutur Kalapas Makassar.

Mendampingi Rizulu, Dalam arahannya Kakanwil menyampaikan bahwa sejumlah fasilitas prioritas terhadap disabilitas, lansia, dan ibu hamil sudah ditindaklanjuti dengan baik oleh Lapas Makassar, namun masih perlu ditambahkan berupa akses-akses penunjang yang dilewati pengunjung prioritas, seperti membuat akses ke kursi area kunjungan yang dapat dilalui oleh kursi roda.

“Fasilitas untuk pengunjung prioritas sudah ditindaklanjuti dengan baik, seperti kursi prioritas untuk disabilitas, lansia, ibu hamil, dan anak, penyediaan kursi roda, jalur-jalur untuk kursi roda menuju area kunjungan, hingga pelayanan-pelayanan prioritas untuk pengunjung prioritas sudah dilakukan dengan baik, saya harap kekurangannya dapat dilakukan secepatnya,” tutur Kakanwil.

Kegiatan pemantauan ini kemudian melakukan identifikasi pada sistem jalur pemeriksaan pengunjung, pada kesempatan ini Rizulu juga mencoba melewati Body Scanner kemudian meninjau pemeriksaan barang pengunjung X-Ray Barang, selanjutnya ia sempat melakukan foto bersama pada banner komitmen bersama Lapas Kelas I Makassar.

Identifikasi Pembangunan Zona Integritas oleh Staff Ahli Menkumham, Rizulu di Lapas Kelas I Makassar diakhiri dengan meninjau langsung pusat pelayanan kesehatan Warga Binaan Lapas Makassar di Klinik Baharuddin Suryobroto, Rizulu bersama Kakanwil juga mengecek segala sarana dan prasaranan kesehatan, serta mengecek data layanan kesehatan warga binaan Lapas Makassar selama tahun 2019.

Diharapkan melalui kunjungan pemantauan pembangunan Zona Integritas ini dapat meningkatkan persiapan dan kinerja untuk meraih predikat WBK, bimbingan dan arahan dari Staff Ahli Menkumham dan Kakanwil ini diharapkan akan memperkuat persiapan-persiapan yang sudah dilakukan, serta saran dan masukkan akan melengkapi kekurangan-kekurangan yang masih teridentifikasi dalam kegiatan pemantauan ini. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Comments

Trending