Simulasi Sispamkota Di Gowa, 1.000 Personel TNI-Polri Dilibatkan - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Simulasi Sispamkota di Gowa, 1.000 Personel TNI-Polri Dilibatkan

Published

on

Makassartoday.com – Kapolda Sulsel Irjen Pol Hamidin membuka langsung pelaksanaan Simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) tingkat Polda Sulsel yang dipusatkan di wilayah Polres Gowa, tepatnya di sepanjang Jl. Andi Mallombassang, Kecamatan Somba Opu, Jumat (22/3/2019) pagi tadi.

Simulasi yang melibatkan sekitar 1.000 personel gabungan TNI-Polri dan pemerintah ini turut dihadiri sejumlah unsur Forkopimda Sulsel, para pejabat utama Polda Sulsel, jajaran Forkopimda Gowa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta sejumlah unsur terkait dan tamu undangan lainnya.

Tak tanggung-tanggung, dalam simulasi ini ratusan personel dari gabungan Polsek jajaran Polres Gowa juga dilibatkan untuk berperan langsung sebagai massa pengunjuk rasa, yang akan bertindak anarkis dalam skenario simulasi sispamkota.

Sejumlah hiburan menarik pun turut ditampilkan sebagai opening pelaksanaan Simulasi Sispamkota diantaranya senam tobelo dari Bhayangkari Cabang Gowa, parade kendaraan dinas, serta paduan suara dan tarian dari murid TK Kemala Bhayangkari Gowa.

Sebanyak lima adegan pun diperagakan begitu nyata dalam simulasi tersebut, diantaranya adanya aksi protes dari masyarakat setempat di TPS atas hasil penghitungan suara di TPS tersebut, yang meminta dilakukannya pemungutan suara ulang namun berhasil diredam petugas, hingga adegan terjadinya kontijensi dengan skenario massa bertindak anarkis yang kemudian diberlakukan sispamkota, dimana Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi bertindak langsung sebagai Direktur Latihan.

alterntif text

Sarana dan prasarana pun turut disiapkan secara matang dalam Simulasi Sispamkota ini. Mulai dari mobil air water canon, perlengkapan huru-hara, satuan K-9, gas air mata, alat penjinak bom, mobil barracuda, randis sound system, serta beberapa peralatan pendukung lainnya.

“Simulasi Sispamkota ini merupakan salah satu wujud kesiapan kami dalam menghadapi pengamanan Pemilu, khususnya apabila terjadi kontijensi,” tutur Akbp Shinto Silitonga saat dikonfirmasi.

Ungkapan apresiasi pun disampaikan oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Hamidin atas pelaksanaan simulasi sispamkota tingkat polda yang diselenggarakan terpusat di wilayah Polres Gowa.

“Terima kasih sebesar-besarnya. Pelaksanaan simulasi ini nyaris sempurna, dan semoga hal kontijensi seperti ini tidak terjadi pada pelaksanaan Pemilu mendatang,” jelasnya saat menutup rangkaian simulasi.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan senam bersama yang dilakukan oleh personil Polwan Polres Gowa dan diikuti oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Hamidin, jajaran Forkopimda Sulsel dan Gowa, para pejabat utama Polda Sulsel, serta sejumlah tamu hadirin lainnya. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending