Ini 2 Destinasi Wisata Yang Jadi Prioritas Dispar Mamasa | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Regional

Ini 2 Destinasi Wisata Yang Jadi Prioritas Dispar Mamasa

Published

on

Makassartoday.com – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Mamasa Agustina Toding, akan fokus membenahi destinasi wisata di dua titik yaitu, Buntu Mussa’ dan Negeri Diatas Awan (Liarra’). Itu dilakukan untuk menarik wisata asing berkunjung ke Mamasa, Sulawesi Barat.

Sebenarnya ada banyak destinasi wisata di Kabupaten Mamasa, namun kata Agustina, secara bertahap akan diselesaikan. Karena destinasi wisata Mamasa selalu buktikan kebolehannya.

Dalam sektor pariwisata, Kabupaten Mamasa tak pernah kalah saing dengan daerah lain, bahkan, Mamasa ini boleh dibilang paket lengkap yang menarik di mata banyak orang.

“Tahun ini kita akan fokus untuk membenahi objek wisata Buntu Mussa dengan Liarra’, beberapa item fasilitas kami akan selesaikan dalam tahun ini,” ujar Agustina Toding, di ruang kerjanya, Selasa (26/03/2019).

Untuk pengembangan objek wisata Buntu Liarra kecamatan Tanduk Kaluak pihaknya akan mengalokasikan dana sebanyak Rp750 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU).

Dana tersebut kata Agustina, untuk pembangunan jalan setapak menuju bukit Liarra’ atau Negeri diatas awan, selain itu juga akan difasilitasi dengan gazebo dan ruang ganti serta toilet.

“Meski baru sedikit fasilitas yang pemerintah berikan tapi setidaknya wisatawan yang berkunjung kesana bisa sedikit nyaman,” terangnya.

alterntif text

Lanjut Agustina menerangkan, untuk objek wisata Buntu Mussa yang ada di Balla Peu, Kecamatan Balla, Kementerian Pariwisata juga telah mengucurkan dana melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa sebesar Rp. 610 juta rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

“Anggaran ini akan kami gunakan untuk pembangunan menara pandang, teropong pandang, beberapa gazebo, toilet, dan juga pembangunan gapura,” katanya.

Destinasi wisata ini merupakan objek wisata pemandangan alam yang berada di ketinggian 1.200 MDPL, selain mendapatkan anggaran dari DAK, juga menjadi perhatian khusus pemerintah Desa Balla Peu hingga di berikan anggaran untuk pembangunan jalan setapak.

“Kami berharap kepada semua pihak agar dapat benar-benar serius membantu dalam hal pengembangan objek wisata yang ada di dua tempat ini, juga yang ada di tempat-tempat lain di Kabupaten Mamasa ini,” harapnya.

Pihaknya sangat membutuhkan kerjasama dari semua stakeholder juga dari pemerintah berupa penganggaran agar objek wisata yang ada di Kabupaten Mamasa ini dapat berkembang sesuai harapan bersama.

“Objek wisata yang ada di Mamasa ini tidak kalah dengan darah lain, apa lagu kalau ada keseriusan secara seksama untuk memberi perhatian dengan baik,” pungkasnya. (Wahyu)

BAGIKAN:
Comments

Trending