BPJS Makassar Akui Lambat Bayar Klaim ke Rumah Sakit | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

BPJS Makassar Akui Lambat Bayar Klaim ke Rumah Sakit

Published

on

Makassartoday.com – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Makassar mengaku hampir semua rumah sakit di Kota Makassar mengalami telat pembayaran.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Makassar, M Ichwansyah Gani, bahwa pihaknya baru bisa membayar jatuh tempo pada 15 Februari lalu untuk pembayaran triwulan pertama.

“Hampir semua rumah sakit di Makassar kami telat membayarnya sekitar 1 bulan lebih. Kami baru bisa membayar jatuh tempo 15 Februari,”ujarnya di salah satu cafe di Makassar, Jumat (29/3/2019).

Pada triwulan kedua di bulan April 2019 ini, ia memastikan utang di setiap rumah sakit akan terbayarkan. Tentunya berdasarkan catatan pada rumah sakit yang sudah diajukan ke BPJS.

Dari total utang tersebut, ia memperkirakan dalam periode satu tahun, BPJS Cabang Makassar menunggak Rp200 miliar.

“Tapi yang belum terbayar 100 miliar lah, karena sebagian kami sudah bayar sampai tanggal jatuh tempo kemarin,” tandasnya.

“Total rumah sakit di Makassar itu 43, dan sebagainya sudah terbayar hanya memang di bulan berjalan yang sekarang sampai bulan Januari. Dan bulan Februari masih sementara verifikasi,” urai Ichwansyah.

Baca Juga : Hutang Klaim BPJS ke Rumah Sakit di Sulsel Capai Rp400 Miliar

Selain itu, menurut Ichwansyah, dalam menanggulangi utang tersebut, pemerintah sudah mengkaji tiga opsi. Seperti menaikkan iuran tapi pemerintah tidak melakukan itu.

Kemudian pengurangan manfaat dari BPJS, namun tidak dilakukan juga. Lalu penyertaan dana yang betul-betul dilakukan oleh pemerintah dengan memberikan dadna talangan.

“Penyertaan dana ini terjadi di bulan Desember atau triwulan pertama yang oleh pemerintah membayar terlebih dahulu dengan APBN. Nanti dibulan April untuk semester dua di bayar langsung di depan,” tutupnya. (Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Trending