Berikut Tahapan UTBK SBMPTN UNM 2019 | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Berikut Tahapan UTBK SBMPTN UNM 2019

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tahun 2019 di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) akan dilaksanakan pada 13 April 2019 mendatang.

Seperti diketahui, Pada pelaksanaan 
SBMPTN tahun ini, hanya menggunakan satu metode tes, yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) telah mengubah seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

“Perubahan untuk 2019 ini sama sekali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi peserta seleksi SBMPTN tahun ini diwajibkan untuk mengikuti UTBK terlebih dahulu,” ujar Humas SBMPTN UNM, Prof Muh Jufri, Selasa (9/4/2019).

Prof Jufri mengatakan, untuk pelaksanaan UTBK ini, UNM telah menyediakan sejumlah ruangan baik didalam kampus maupun diluar kampus.

“Jadi kami sediakan 59 ruangan, 25 ruangan di dalam Kampus UNM dan selebihnya berada diluar kampus sebanyak 34 ruangan,” ungkapnya.

Selain itu, kata Prof Jufri, para calon mahasiswa baru UNM nantinya akan mengikuti tes UTBK dengan dua gelombang. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada 13 April sampai 4 Mei 2019. Sementara untuk gelombang kedua dilaksanakan pada 11 Mei sampai 26 Mei 2019.

Sementara itu, Perwakilan Panitia UTBK, Prof Hasnawi Haris mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru UNM telah membentuk panitia khusus penyelenggaraan UTBK, tujuannya untuk memperlancar pelaksanaan UTBK.

“Kita juga sudah siapkan panitia khusus seperti admin server, teknisi lokal, dan pengawas. UNM juga menyediakan ruangan khusus bagi siswa berkebutuhan khusus,” tuturnya.

Tahapan UTBK

1. Mendaftar melalui laman ini menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.

2. Mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

3. Membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1×24 jam.

alterntif text

4. Melakukan login ke laman pendaftaran ini untuk mencetak kartu peserta UTBK.

5. Mengikuti UTBK sesuai hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

Jenis Tes

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TPS: mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA: mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Kelompok ujian UTBK

1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

Ketentuan umum UTBK

Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK maksimal dua kali, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau Kelompok Soshum dua kali.

2. Peserta yang ingin mengikuti tes satu kali dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua.

Pendaftaran UTBK: Gelombang Pertama tanggal 01 – 24 Maret 2019 dan Gelombang Kedua tanggal 25 Maret – 01 April 2019.

Waktu pelaksanaan Tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tanggal 13 April – 4 Mei 2019 dan waktu pelaksanaan Tes untuk peserta pendaftar gelombang kedua tanggal 11 Mei – 26 Mei 2019.
(Rangga)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending