Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

BISNIS

Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Menyambut bulan suci Ramadhan kebutuhan harga pokok pun mulai bergerak baik. Seperti Bawang Merah dan Bawang Putih perkilogramnya kini menembus hingga mencapai Rp45 ribu perkilogramnya.

Menyikapi pergerakan harga Komoditi jelang bulan Ramadhan, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kota Makassar, Aru Armando berharap adanya koneksivitas antar daerah di Sulawesi Selatan untuk melengkapi kekurangan stok kebutuhan pokok di tiap daerah.

Aru mengatakan bahwa di Kabupaten Takalar yang dikenal sebagai daerah penghasil Cabai dapat menyuplai dari daerah lain di Sulsel, tentu yang kekurangan stok cabai hagar tidak terjadi kenaikan harga.

Karena itu, kata Aru, setiap kabupaten/kota di daerah ini merilis neraca pangan guna memudahkan atau mengetahui kelebihan dan kekurangan terkait kebutuhan pokok uang dimiliki masing – masing daerah dibawah pantauan pemerinta provinsi.

Selain itu tata niaga komoditas dan pengawasan pendistribusian harus ketat dilakukan untuk menghindari terjadinya penimbunan yang memicu melambungnya harga kebutuhan pokok. ‘terang Aru.

“Kestabilan harga kebutuhan pokok pada tahun 2019 ini harus bisa lebih baik atau sama dengan harga dari tahun sebelumnya mengingat jelang puasa ramadhan akan meningkat,” ungkapnya, di Kantor KPD KPPU Makassar, Selasa (23/4/2019).

“Komoditas pangan yang selalu menjadi penyumbang inflasi yakni Beras, Daging Sapi, Bawang Putih, Telur Ayam, Bawang Merah, dan Cabai Rawit,” kata Aru.

Aru menambahkan jika 11 kebutuhan pokok yang selalu menjadi penyumbang inflasi ini bisa ditekan maka harga kebutuhan pokok lainnya tidak merangkak naik.
(Rangga/foto: ilustrasi)

BAGIKAN:
Comments

Trending