BPBD Makassar Harap Pelatihan Evakuasi Bencana Diterapkan di Sekolah | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

BPBD Makassar Harap Pelatihan Evakuasi Bencana Diterapkan di Sekolah

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Kesiapasiagaan Bencana (HKB) Tahun 2019.

Peringatan HKB dilaksanakan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak melalui kegiatan kesiapsiagaan bencana berupa edukasi kebencanaan dan simulasi evakuasi mandiri.

“Kita belajar dari beberapa pengalaman bencana bahwa faktor yang paling menentukan adalah penguasaan pengetahuan penyelamatan yang dimiliki oleh “diri sendiri”, keluarga dan komunitas di sekitarnya,” ungkap Taufiek Rachman selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Jumat (26/4/2019).

Dengan mengusung tema “Kesiapsiagaan Dimulai Dari Diri, Keluaga Dan Komunitas”, kegiatan dapat dilaksanakan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dengan mengedepankan pelaksanaan kegiatan berupa peningkatan kapasitas evakuasi.

“Waktu pelaksanaan kegiatan ini ditetapkan sepanjang bulan April 2019 dan puncak pelaksanaan setiap tanggal 26 April sekaligus diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana”, katanya.

Kegiatan menurut dia, dapat berupa latihan evakuasi bencana (evacuation drill) secara mandiri perorangan dan atau kelompok. Kegiatan HKB akan dilaksanakan secara serentak diberbagai wilayah di Indonesia pada pukul 08.00-12.00 pagi waktu setempat.

“Secara khusus, yang menjadi perhatian dalam latihan evakuasi bencana adalah pelibatan kelompok rentan seperti anak-anak, kaum lansia dan tunawisma, para penyandang disabilitas, narapidana dan berkebutuhan khusus”, ungkapnya.

Dia berharap, evakuasi bencana ini dapat dilaksanakan di lingkungan sekolah/madrasah, perkantoran pemerintah, kawasan perdagangan dan industri, kawasan permukiman yang rentan terdampak bencana,kawasan obyek vital dan lingkungan tempat ibadah.

Perlu diketahui, sejak disahkannya Undang-Undang nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pada tanggal 26 April 2007, maka ditetapkan setiap tanggal 26 April setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). (*)

BAGIKAN:
Comments

Trending