BPN Tolak Teken Hasil Rekapitulasi, KPU Sulsel Bilang Begini! | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

BPN Tolak Teken Hasil Rekapitulasi, KPU Sulsel Bilang Begini!

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) membenarkan penolakan hasil rekapitulasi Pilpres 2019 oleh pihak Badan Pemenang Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga.

KPU Sulsel mengaku, penolakan hasil rekapitulasi tak hanya untuk Sulsel, tapi juga hasil rekapitulasi tingkat provinsi di seluruh wilayah Indonesia.

“Semua provinsi, perintah seragam, tapi saksi mereka tetap tanda tangan untuk hasil kecamatan dan kabupaten kota,” jelas Komisioner KPU Sulsel Divisi Hubungan Masyarakat, Data, Informasi, dan Antarlembaga, Uslimin kepada MaDay, Senin (20/5/2019).

Uslimin juga meluruskan, bahwa sikap kubu paslon 02 tidak bisa disebut sebagai penolakan.

Baca Juga : Hasil Pemilu Wilayah Sulsel Tiba di Jakarta Hari Ini

alterntif text

“Bukan menolak, tapi tidak mau teken, karena kalau menolak, berarti dia tidak akui juga kemenangannya. Faktanya, mereka akui dan gembira dengan hasil di Sulsel,” sebut Uslimin.

Diketahui saksi BPN Prabowo-Sandi menolak teken hasil rekapitulasi untuk Sulsel terjadi saat sidang di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (19/5/2019) lalu.

Dalam sidang itu, saksi paslon 02 mengaku ragu terhadap sistem rekapitulasi yang berjalan di Provinsi Sulsel yang dinilai sangat alot.

Mereka meminta penjelasan terhadap KPU daerah Sulsel. Lalu ia juga meragukan adanya kejanggalan penggunaan C-6.

Sebelumnya, hasil rekapitulasi KPU Provinsi Sulsel diungguli oleh Prabowo-Sandi dengan melebihi sekitar 700.000 suara dari Jokowi-Ma’ruf. Berikut ini hasil rekapitulasi penghitungan suara pilpres di Provinsi Sulsel:

Jokowi-Ma’ruf: 2.117.591
Prabowo-Sandi: 2.809.393

Jumlah suara sah 4.926.984
Suara tidak sah 98.205
Jumlah seluruh suara sah dan tidak 5.025.189. (bs)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending