Kartel Diduga Dalangi Kenaikan Harga Tiket Pesawat | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

BISNIS

Kartel Diduga Dalangi Kenaikan Harga Tiket Pesawat

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Kenaikan harga tiket pesawat yang melambung tinggi sejak 2018 kemarin, diduga adanya kartel di lingkup maskapai penerbangan.

Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI, Chandra Setiawan mengatakan kenaikan harga tiket yang tidak turun hingga sekarang telah mendorong KPPU melakukan penelitian baik terkait perilaku maupun kebijkan.

“Untuk penelitian perilaku bahkan saat ini sudah ditingkatkan ke tingkat penyelidikan,”ujarnya saat di Kantor Wilayah VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar, Kamis (23/5/2019).

Dari sudut kebijakan, lanjut Chandra, KPPU melakukan koordinasi dengan Kementrian Perhubungan.

“Salah satu solusi yang dihasilkan adalah penurunan tarif batas atas (TBA). KPPU terus melakukan pemantauan harga tiket,”jelasnya.

Selain itu, pemerintah mulai mengimplementasikan kebijakan tarif angkutan roda dua online. Namun, dalam implementasinya diperlukan beberapa hal untuk menyempurnakan dan mereduksi gejolak antara perusahaan aplikasi dan mitranya.

“Karena posisinya mereka dominan, akibatnya mereka bisa saja menyalahgunakan posisinya yang dapat menekan penggunanya, sehingga terjadi diskriminasi,” pungkasnya. (Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Trending