Mahasiswa KPI UIN Alauddin Belajar Menulis Feature dan Opini Lewat Daring | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

CITIZEN REPORT

Mahasiswa KPI UIN Alauddin Belajar Menulis Feature dan Opini Lewat Daring

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Mahasiswa semester 6 Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi (KPI FDK) UIN Alauddin diajari praktek menulis feature dan opini lewat pembelajaran dalam jaringan (daring).

Mahasiswa yang diajari menulis ini sebanyak 39 orang adalah mereka yang menjadi peserta mata kuliah Creative Wraiting dengan dosen pengampuh Dr Muhammad Yahya Mustafa, M.Si

Kegiatan perkuliahan ini tampil beda dengan semester sebelumnya karena menerapkan sistem daring terhubung google.com. Para mahasiswa langsung terhubung dengan internet dan diperhatikan cara menulis feature dan tugas lainnya.

Pada pertemuan ujian tengah semester, Jumat (17/5/2019), pengampu mata kuliah ini memberi tugas menulis feature dengan tema, Mahasiswa Penjual Takjil di Sekitar Kampus UIN Alauddin Samata Gowa.

Dari 39 mahasiswa ada beberapa diantara mereka sudah mampu dan menulis feature dan karyanya tersebut terpublish di beberapa media online.

Terpublikasinya karya-karya mahasiswa ini, pada sisi lain juga memberi semangat dan semakin kreatif dalam mengikuti mata kuliah ini.

Dosen mata kuliah yang juga mantan wartawan politik Harian Pedoman Rakyat ini dalam perjumpaan perkuliahan mengubah sistem yang sebelumnya terkesan kaku dan manual sekarang menggunakan pola pola yang sedikit beda dengan sedikit variasi.

Diawal pertemuan kuliah mulai membaca puisi ,mendengarkan lagu dan membaca ringkasan ringkasan cerpen dan sejenisnya.

Ini merupakan upaya untuk lebih memperkenalkan bagaimana menambah wawasan mahasiswa serta mengasah rasa bahasa dan kekuatan diksi dalam proses kreatif menulis.

Dosen Fisip Unismuh Makassar ini berharap setelah selesai studi mahasiswa bisa mengembangkan bakat yang dimiliki jadi seorang penulis dan membuka jalan bagi mahasiswa menekuni profesi selaku penulis atau reporter sebagai pilihan kehidupan di masa depan.

Di akhir proses mata kuliah ini, di berikan kebebasan menulis dan mengedit naskah sendiri di android masing masing, kemudian dikirimkan langsung ke beberapa portal media online.

Pola ini menjadikan mahasiswa memiliki pengalaman baru dalam menulis berita dalam mata kuliah ini, tegas Dekan Fisip Universitas Sawerigading 2016-2019 ini.

Salah seorang mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin, Ahmadi mengaku pembelajaran mata kuliah sangat bagus dan mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi hari ini bisa berpacu dengan waktu.

Selain itu juga memiliki kelincahan dan keterampilan menulis berita. Kesan pertama ketika karya pertama saya di publish di media online sangat senang dan ada kesenangan tersendiri dalam menulis.

Awalnya dia tidak suka menulis tetapi lewat mata kuliah ini dengan sistem daring sehingga dia menggali potensi dirinya dan karya tulisny dapat terpublish di beberapa media online.

Mahasiswa lainnya, Sisca Larita menuturkan kesannya, mata kuliah creative writing menerapkan metode pembelajaran sangat kekinian, karena menggunakan gadget yang sesuai kebutuhan kaum muda milenial saat ini.

Kesan saya saat karya pertama terpublish saya merasa puas karena usaha selama ini tidak sia sia, tegas ketua kelas di mata kuliah ini.

Penulis: Husnul Khatimah
(Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar)

BAGIKAN:
Comments

Trending