Lapas Makassar Bawa 2 Koper Berkas WBK ke Jakarta | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Lapas Makassar Bawa 2 Koper Berkas WBK ke Jakarta

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Predikat WBK adalah Predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar indicator penilaian ZI-WBK.

Salah satu unit kerja pada kantor wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan yang berhasil masuk pada penilaian internal pembangunan ZI-WBK yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kemenkumham yang berlokasi di Jakarta selatan yakni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar.

Penilaian yang berlangsung selama 2 hari kerja mulai dari (22-23/5/19), dimana Kepala Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono bersama 6 orang tim solid WBK Lapas Kelas I Makassar berangkat menuju Inspektorat Jenederal mempertanggung jawabkan hasil dari penerapan pembangunan ZI-WBK di Lapas Kelas I Makassar.

Tidak tanggung-tanggung demi menyukseskan penilaian internal pembangunan ZI-WBK, Lapas Kelas I Makassar memboyong dua koper yang berisi berkas-berkas penunjang terhadap enam penilaian ZI-WBK yakni, manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan system manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja.

Menilai kegiatan ini sebagai energi yang baik untuk Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono mengungkapkan bahwa penilaian internal yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal merupakan evaluasi awal pembangunan ZI-WBK sebelum lanjut pada tahap penilaian selanjutnya, sehingga Lapas kelas I Makassar dapat memperbaiki hal-hal yang dinilai kurang pada penilaian internal ini.

“Penerapan ZI-WBK di Lapas Kelas I Makassar tidak boleh main-main, apalagi sekarang Lapas Makassar sudah masuk pada Stranas PK, sehingga kita wajib berbenah diri mulai dari sekarang. Menilai kegiatan penilaian internal kemarin saya rasa sebagai bahan evaluasi Lapas Makassar untuk membenahi apa-apa yang dinilai kurang, alhamdulillah nilai yang didapatkan 84,91 untuk Lapas Makassar semoga dapat ditingkatkan pada penilaian selanjutnya” ujar Budi Sarwono.

Sebagai unit kerja yang masuk kedalam Strategi Nasional Pengawas Korupsi (Stranas PK), Lapas Kelas I Makassar diwajibkan untuk berhasil meraih WBK, sehingga Budi Sarwono berharap jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan public, yang didukung dengan data dukung dan LKE WBK yang berkualitas dan akuntabel. (Hajji Taruna)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending