Sistem Pengawasan Dana Kecamatan di Makassar Dilirik Dewan Klungkung | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Sistem Pengawasan Dana Kecamatan di Makassar Dilirik Dewan Klungkung

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – DPRD Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali melakukan studi banding ke DPRD Kota Makassar, Kamis (13/06/2019).

Studi banding ini terkait mekanisme pengawasan, pengalokasian dana desa/kelurahan di Kota Makassar. Rombongan DPRD Kabupaten
Klungkung melalui Komisi II bidang Perekonomian dan Keuangan diterima langsung Anggota Komisi A bidang Pemerintahan DPRD Makassar, Syarifuddin Badollahi.

Rombongan dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, I Wayan Baru, S.Sos., didampingi Ketua Komisi II, I Komang Suantara beserta seluruh anggota dan staf DPRD Kabupaten Klungkung.

“Kami ke Kota Makassar untuk mengetahui mekanimse pengawasan dan pengalokasian dana desa/kelurahan di kota ini,” ujar I Wayan Baru.

Pihaknya mengaku ingin lebih fokus pada bentuk pelibatan anggota DPRD Makassar dalam tupoksinya sebagai controlling terkait dana desa/kelurahan beserta program apa saja yang menjadi unggulan kelurahan yang di kota Makassar.

Sementara itu, Anggoata Komisi A Syarifuddin Badollahi mengungkapkan bahwa legislatif di kota Makassar terlibat aktif dalam pengalokasian dana kecamatan, yang kini sudah setingkat dengan SKPD (Satuan Keja Perangkat Daerah).

“Kecamatan di Makassar sudah setara SKPD, bahkan tak jarang melebihi karena kecamatan memiliki program kepada tingkat kelurahan/desa selanjutnya kami mrengawasi melalui monev (Monitoring dan Evaluasi) yang kami adakan setiap 3 bulan,” urainya.

Menurutnya, kecamatan lah yang mengatur program-program unggulan yang ingin dilaksanakan ke tingkat kelurahan, seperti lorong-lorong.

Adapun implementasinya diberikan tanggung jawab kepada RT/RW yang nantinya memiliki indikator penilaian secara tranparan.

“Kami pertegas lewat indikator itu, maka dari itu kami juga memperketat pengawasan melalui monev setiap 3 bulan,” tambahnya. (*)

BAGIKAN:
Comments

Trending