Sudah Lima Hari Stok Darah Kosong, Ini Penjelasan UTD PMI Makassar | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Sudah Lima Hari Stok Darah Kosong, Ini Penjelasan UTD PMI Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pihak Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar angkat bicara terkait sulitnya pasokan darah beberapa hari terakhir.

Juru Bicara UTD PMI Makassar, Achamd Syauki menjelaskan, kondisi tersebut sudah berlangsung selama lima hari, pasca Idul Fitri.

Dia menjelaskan, minimnya stok darah di UTD PMI Makassar sudah menjadi fenomena tahunan, khususnya pada musim mudik lebaran.

“Benar, pasca libur lebaran ini kegiatan donor darah belum berjalan dengan normal. Selama ini stok darah UTD PMI Kota Makassar sebagian besar didukung oleh donasi darah dari instansi pemerintah,” jelasnya.

Baca Juga : Iqbal Suhaeb Donor Darah di Halal Bialal Dishub-Pol PP

alterntif text

Adapun intensitas pendonor sukarela, kata dia, juga menurun pada musim mudik.

“Pendonor sukarela biasanya datang ke kantor UTD di Jl. Kandea No. 16 atau Gerai Donor Darah PMI di Mall Ratu Indah lt. 3, tapi itu juga belum bisa menutupi kebutuhan pasien,” sambungnya.

Diketahui, pada Jumat 14 Juni 2019 besok, PMI Makassar juga akan memperingati Hari Donor Darah se-dunia.

Guna menutupi kebutuhan stok darah, PMI Kota Makassar menggelar kegiatan donor darah di UTD PMI Makassar dan Gerai Donor Darah PMI di Mall Ratu Indah lt. 3, selama dua hari, mulai Kamis hingga Jumat besok.

“Kita harapkan dengan event ini tingkat partisipasi pendonor besar, sehingga stok darah bisa kembali normal,” imbuhnya. (Riel)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending