Mahasiswa UNM Lestarikan Epos I La Galigo Lewat Webtoon | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Komunitas

Mahasiswa UNM Lestarikan Epos I La Galigo Lewat Webtoon

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melestarikan Epos I La Galigo melaui pembelajaran berbasis webtoon.

Tim UNM yang dipimpin oleh Ade yustina di dampingi Dedi Risaldi dan Nur Fitri Isneni mengangkat judul PKM “Transformasi Epos I La Galigo” dibuat dalam bentuk serial webtoon sebagai media pembelajaran karya sastra klasik Bugis.

Ketua Tim PKM UNM ini, Ade Yustina mengatakan penelitian ini sebagai upaya untuk melestarikan karya sastra terpanjang di dunia milik Sulawesi Selatan di kalangan pelajar.

“Penelitian pengembangan ini mencoba untuk membuat media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan minat belajar bahasa daerah siswa melalui desain pembelajaran yg menarik,” ungkapnya, Ahad (23/6/2019).

Kata Dede, sapaan akrab Ketua Tim PKM UNM ini, penelitian telah berlangsug mulai April hingga Juni. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Watansoppeng.

“Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan angket, pretest, posttest, untuk melihat kemampuan, sikap, serta respon siswa terhadap penggunaan media webtoon dalam pembelajaran,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Watansoppeng, Suardi mengapresiasi karya Tim PKM UNM yang memperkenalkan kepada siswa Epos I La Galigo.

“Media ini perlu diterapkan guru dalam pembelajaran karena selain mengikut perkembangan teknologi, media webtonn yg dibuat mengajarkan siswa untuk mengenal lebih dalam tentang karya sastra terpanjang milik masyarakat bugis ini yaitu I La Galigo,” jelasnya.

Selanjutnya diketahui, Tim PKM akan melakukan monitoring dan evaluasi dengan Tim Riviewer dari beberap kampus didampingi Belmawa Kemenristekdikti pada tangga 25-27 Juni 2019 di Menara Pinisi UNM. (Rusdi)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending