Legislator NasDem Minta Iqbal Suhaeb Tak Ikut Gaya NA | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Politik

Legislator NasDem Minta Iqbal Suhaeb Tak Ikut Gaya NA

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Penggunaan hak angket DPRD Sulsel sebagai alat kontrol kebijakan Gubernur Sulsel ikut ditanggapi sejumlah Anggota DPRD Kota Makassar.

Legislator NasDem yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo mengatakan, hak angket diberikan konstitusi bagi DPRD dalam menjalankan fungsi pengawasan pemerintahan.

Hal itu juga, kata dia, sejalan dengan Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemda.

“Hak angket dijelaskan dapat digunakan DPRD dalam rangka penyelidikan atas kebijakan kepala daerah yang dipandang meresahkan publik secara luas atau karena ada pelanggaran UU,” ungkap RL, akronim namanya, Jumat (28/6/2019).

RL juga sangat mengapresiasi hak angket yang ada di DPRD Sulsel yang saat tengah dibentuk itu.

Atas penggunaan hak angket itu, RL juga mengingatkan PJ Wali Kota Makassar untuk tidak arogan mendegradasi lembaga DPRD dan tidak meniru gaya kepemimpinan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Dia menilai, pengajuan hak angket DPRD Sulsel adalah langkah perbaikan.

Menurutnya, hak angket adalah sikap DPRD Sulsel untuk menegakkan check and balances, dimana didalamnya menjalankan fungsi pengawasan lembaga DPRD.

Ditegaskan RL, bahwa melalui sikap politik DPRD Sulsel untuk menggunakan hak tertinggi yang diatur dalam Undang-undang akan menjadi alarm bagi kepala daerah lainnya, termasuk bupati dan wali kota.

Ia menambahkan, arti dari sebuah lembaga dan eksekutif pemerintah tentunya harus bersinergi dan tidak selalu ribut juga jangan sering buat gaduh jika kalau gaduh berarti kepala daerah tersebut dinilainya gagal.

Tak hanya itu, dia mengisyaratkan agar Pj Wali Kota Makassar, Iqbal S Suhaeb untuk tidak mengikuti gaya kepemimpinan Pemerintah Provinsi Sulsel. Dimana, unsur pemerintahan harus berjalan harmonis.

“Jangan sampai Pak Pj ikut-ikut gaya Pak Gub,” sindirnya. (Rangga)

BAGIKAN:
Comments

Trending