Pemkot Minta Bantuan Pusat Atasi Bau Menyengat di Laut Losari | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Pemkot Minta Bantuan Pusat Atasi Bau Menyengat di Laut Losari

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb sepertinya tak ingin main-main dalam penanganan Laut Losari. Ia pun berencana akan melakukan beberapa kerjasama beberapa pihak dalam penanganannya. Selasa (9/7/2019)

Usai terjun langsung memantau Pantai Losari yang mengeluarkan bau tidak sedap, Iqbal bersama beberapa pihak terkait pun tengah mencari solusi hingga ke pemerintah pusat.

“Kondisi Pantai Losari yang mengeluarkan bau tidak sedap, kita akan mencari solusi dengan kerja sama dengan pemerintah pusat,” ujar Iqbal.

Iqbal mengaku dirinya sudah berkomunikasi langsung dengan pemerintah pusat untuk mencari cara apakah nantinya menggunakan teknologi terbarukan atau membuat saluran khusus.

“Kita sudah berbicara dengan pusat untuk mencari cara, apakah nanti melalui teknologi yang diterapkan atau membuat saluran khusus, itu pihak dari kementerian akan membantu mencari cara yang terbaik,” ungkap Iqbal.

Iqbal menambahkan, bahwa permasalahan Pantai Losari juga sementara dipelajari dengan pihak Universitas Hasanuddin (Unhas).

“Lagi dipelajari termasuk dengan pihak Unhas, dengan kementerian, tengah mencari teknologi apa yang tepat, termasuk di dalamnya ada rekayasa struktur,” tegas Iqbal.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Rusmayani Madjid mengatakan jika pihaknya belum bisa memastikan bahwa penyebab bau di Laut Losari adalah karena pengembangan CPI.

Maya, sapaannya, mengatakan jika hal tersebut butuh kajian terlebih dahulu. Olehnya, dalam waktu dekat pihak DLH akan melakukan rapat koordinasi terkait hal ini.

“Kita akan rapat koordinasi dulu karena ini perlu ada kajiannya. Kajian dari perguruan tinggi, Dinas PU, DP2, juga kita akan undang pihak provinsi karena wilayah laut adalah wilayah mereka,” kata Maya.

Dalam rapat nanti, pihaknya akan menggali penyebab dari berbaunya Laut Losari, termasuk asal sampah yang bertebaran di laut. Juga mengenai penyelesaiannya supaya Laut Losari kembali bersih. (Rusdi)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending