Pemkot Makassar Bakal Lakukan Penataan Ulang PK5 di Setiap Wilayah | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Pemkot Makassar Bakal Lakukan Penataan Ulang PK5 di Setiap Wilayah

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Pemerintah kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Perdagangan (Disdag) di tahun 2020 mendatang, mewacanakan penataan ulang (rekonstruksi) Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di kota Makassar.

“Tata letak sebagian PKL dinilai merusak keindahan kota, juga menggaggu arus lalulintas, sehingga perlu dilakukan penataan ulang,” ucap Kepala Bidang Perdagangan Abd Hamid, Senin (22/7/2019).

Menurut data Disdag kota Makassar, ada sekitar 9.000-an PKL yang tersebar di semua kecamatan. Dan kebanyak diantaranya melakukan aktivitas dagang tanpa memperhatikan estetika kota.

“Seperti yang terlihat di Jalan Hertasning Baru (Jalan Aorepala), di sana banyak sekali PKL yang hanya berjualan, tidak memperhatikan kebersihan sekitar lapaknya. Bahkan ada yang berjualan di bibir jalan jadi kalau ada pengendara yang singgah berbelanja di sana otomatis mengakibatkan kemacetan,” ucapnya.

Untuk tahap awal Disdag menghadirkan 100 PKL dari tunuh kecamatan.

alterntif text

“Tadi ibu Kadis, mengarahkan untuk menempatkan PK5 di satu tempat di setiap kecamatan dan anggarannya Rp4,5 juta per unit, sebanyak 50 unit,” terangnya.

“Jadi, sistemnya nanti semua lapak PKL yang menggunakan bangunan permanen akan diganti dengan besi baja ringan, sehingga mudah dipindahkan,” kata Hamid.

Sebelum melaksanakan rencana ini, Disdag terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk menghadirkan para PKL yang ada di wilayah masing masing.

“Kalau merujuk pada definisinya, PKL adalah pedagang yang menggunakan daerah milik jalan atau pedestrian atau atas got, menggunakan gerobak yang bersifat sementara dan berpindah pindah,” jelasnya.

Tetapi akhir akhir ini, lanjut dia, pertumbuhan PKL bagaikan jamur di musim hujan mengisi hampir setiap ruas jalan jalan kota.

“Sehingga hal inilah yang menjadi fokus kita kedepannya,” tandasnya. (Rusdi)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending