Prabowo dan Mega Bertemu Jadi Isyarat Koalisi? PDIP Bilang Ini - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Prabowo dan Mega Bertemu Jadi Isyarat Koalisi? PDIP Bilang Ini

Published

on

Makassartoday.com, Jakarta – PDI Perjuangan meminta kepada partai politik Koalisi Indonesia Kerja yang mengusung Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 untuk tidak khawatir dengan pertemuan Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Karena, menurut politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari, pertemuan itu belum bisa memastikan masuknya Gerindra di koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Tak hanya itu, Eva juga meminta kepada parpol KIK tidak khawatir dengan pembagian kekuasaan di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, salah satunya jatah menteri di kabinet.

“Karena komposisi menteri kabinet saja belum dibicarakan, berapa dari partai dan untuk siapa,” kata Eva dalam diskusi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Eva mengungkapkan, dalam KIK sudah ada mekanisme suatu partai akan bergabung atau tidak. Hal itu, menurutnya, dibicarakan dalam pertemuan Jokowi dengan semua ketua umum partai politik anggota koalisi.

alterntif text

“Kira-kira berapa untuk parpol dan parpol yang mana, berapa untuk profesional,” ujarnya.

Eva mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sendiri mengusulkan zaken kabinet, yakni kabinet para ahli. Untuk itu, menurutnya, pihaknya mengikuti bahwa kader yang diusulkan harus mengikuti kriteria tersebut.

“Kalau saat ini muncul rumors yang menyebut apakah pertemuan Prabowo dan Megawati ini menjadi sinyal. Sinyalnya belum tentu, tapi penjajagan harus dilakukan untuk mengurangi polarisasi di masyarakat,” ungkap Eva.

Dia menilai, masyarakat juga harus diberikan pendidikan politik yang baik. Salah satunya, memberikan contoh bahwa kontestasi demokrasi itu tidak harus berdampak pada polarisasi yang permanen.

“Setelah pemilu selesai dilakukan rekonsiliasi, mulai dari tingkat elite dan kemudian diikuti masyarakat,” kata dia.

“Pertemuan Pak Prabowo dan Pak Jokowi di Stasiun MRT, dilanjutkan makan siang bersama, penuh pesan simbolik,” pungkasnya. (Sumber: Kronologi.id)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending