RS Wisata UIT Diadukan ke DLH Terkait Limbah Medis | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

RS Wisata UIT Diadukan ke DLH Terkait Limbah Medis

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Belasan orang yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Mahasiswa Indonesia (GPMI) menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Rabu (7/8/2019).

Unjuk rasa mendesak DLH Makassar menghentikan operasional Rumah Sakit Wisata Indonesia Timur (RS UIT) terkait dugaan pencemaran lingkungan.

Dalam orasinya, demonstran menuding jika selama ini pihak rumah sakit tidak mengelola limbah mereka dengan benar. Selain tak memiliki Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL), pihak RS UIT juga diduga membuang langsung limbah medis ke tempat sampah.

“Kami mendesak Dinas Lingkungan Hidup segera menghentikan operasional RS Wisata UIT, karena selama ini membuang limbah medis tanpa prosedur IPAL,” tegas demonstran.

Usai menyampaikan orasi mereka, pihak perwakilan demonstran kemudian diterima pihak DLH, Kepala Seksi Penanganan Limbah B3, Khafani.

Kepada DLH, demonstran meminta agar dilakukan peninjauan langsung ke lapangan melihat dan mengecek pengelolaan limbah di RS Wisata UIT.

alterntif text

“Kami minta DLH turun langsung ke lapangan, karena dari hasil investigasi kami telah terjadi pengelolaan limbah yang sangat buruk dan berdampak kepada kesehatan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Menanggapi aspirasi demonstran, Kepala Seksi Penanganan Limbah B3, Khafani mengatakan, saat ini pengelolaan limbah RS Wisata UIT masih dalam taraf normal.

Meski begitu, pihaknya siap turun ke lokasi jika demonstran dapat memberikan bukti kuat terkait pelanggaran pengelolaan limbah rumah sakit tersebut.

“Jika memang ada bukti-bukti bahwa pengelolaannya masih kurang sebagaimana hasil investigasi adik-adik, kami bersama dengan teman-teman akan turun ke lapangan pada Jumat 8 Agustus 2019 dan alangkah baiknya kami didampingi oleh adik-adik mahasiswa,” ujar Khafani.

Usai diterima pihak DLH Makassar, belasan demonstran kemudian membubarkan diri dengan tertib, sambil menyampaikan kesiapan mereka mendampingi pihak DLH pada kunjungan lapangan Jumat depan. (Riel)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending