Realisasi Baru 39 Persen, Bapenda Diminta Realistis Tetapkan Target PAD | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Realisasi Baru 39 Persen, Bapenda Diminta Realistis Tetapkan Target PAD

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – DPRD Kota Makassar melalui Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mulai membahas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) tahun 2019.

Rapat yang di ruang Paripurna DPRD kota Makassar, Senin (12/8/2019) siang, mulai diawali dengan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS).

Diketahui dalam naskah Penjelasan Umum yang dibuat oleh TAPD bahwa kebijakan umum RAPBD-P tahun 2019 disusun dengan tujuan mensinkronisasikan dan memadukan sasaran program kegiatan dengan kebijakan pemerintah dibidang keuangan negara serta menentukan dan menyempurnakan sasaran kebijakan daerah tersebut dalam 1 tahun anggaran.

Pembahasan ini sekaligus menjadi petunjuk ketentuan umum yang disepakati sebagai pedoman penyusunan PPAS perubahan RAPBD-P kota Makassar tahun anggaran 2019.

Anggota Banggar dari Fraksi PKS, Mudzakkir Ali Djamil menekankan agar lebih realistis dalam menetapkan target PAD, dengan alasan kondisi waktu.

alterntif text

“Menurut saya menetapkan target PAD harus lebih realistis untuk sisa tempo empat bulan di 2019 ini,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Anggota Badan Anggaran lainnya, Susuman Halim mengatakan, dirinya melihat adanya optimistis pihak Pemerintah Kota Makassar dalam mencapai target pendapatan yang telah ditetapkan.

“Saya melihat Pemerintah Kota Makassar saat ini masih sangat optimis untuk capai target yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Bapenda Kota Makassar, Suwiknyo yang juga Koordinator PAD menyampaikan penurunan tidak dialami oleh seluruh jenis pendapatan.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan perbaikan dalam pencapaian pendapatan PAD Kota Makassar.

“Realisasi sampai dengan hari jumat kemarin sebesar 39,21% dari keseluruhan pendapatan asli daerah dari 11 jenis pajak yang dikelola Badan Pendapatan Daerah,” jelasnya.

Pembahasan anggaran oleh Banggar akan berlangsung beberapa hari kedepan. Pembahasan RAPB-P tahun 2019 ini dipastikan akan berlangsung secara maraton, mengingat sisa waktu masa jabatan legislator yang kurang dari sebulan lagi. (Adi)

BAGIKAN:
Comments

Trending