Viral! Pria Bakar Uang Sambil Live Facebook | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

NEWS

Viral! Pria Bakar Uang Sambil Live Facebook

Published

on

Makassartoday.com – Pria pemilik akun Facebook Sitanggang Parsamosir itu bahkan menyiarkan aksi tak terpujinya secara live di Facebook.

Terlihat dalam videonya, akun Facebook Sitanggang Parsamosir membakar uang senilai Rp 50 ribu, Rp 10 ribu, dan Rp 2 ribu.

Kendati video aksi membakar uang sudah dihapus oleh pemilik akun, namun halaman Facebook Batak Viral telah menyebarkan aksi pembakaran uang tersebut, Minggu (11/8/2019).

Halaman Facebook Batak Viral menuliskan jika aksi bakar uang pertama kali diunggah oleh akun Facebook Sitanggang Parsamosir. Dalam unggahannya, tampak akun Facebook Sitanggang Parsamosir membakar uang Rp 50 ribu menggunakan korek api kecil.

Api yang kecil itu kemudian tampak membesar hingga membakar sebagian dari uang pecahan Rp 50 ribu itu. Hal yang sama juga dilakukannya pada uang pecahan Rp 10 ribu dan Rp 2 ribu.

Pada kolom keterangan, Halaman Facebook Batak Viral menuliskan jika peristiwa pembakaran uang itu diduga terjadi di Bandung, Jawa Barat.

“AKUN FB atas nama SITANGGANG PARSAMOSIR telah melakukan Tindak Pidana dengan MEMBAKAR UANG secara Live.

alterntif text

Diduga posisi Pelaku berada di Bandung.

Pasal 35 Pada UU no.7 Tahun 2011 Menjelaskan Bahwa Sanksi Terhadap Tindakan Merusak, Memotong, Menghancurkan dan Mengubah Rupiah Dengan Maksud Merendahkan Kehormatan Rupiah Sebagai Simbol Negara Yaitu PIDANA PALING LAMA 5 TAHUN DAN DENDA PALING BANYAK Rp 1 MILIYAR,” tulis Halaman Facebook Batak Viral.

Sehari setelah diunggah, unggahan tersebut telah dikometari oleh 5,6 ribu pengguna Facebook dan telah dibagikan sebanyak 5,1 ribu kali.

Entah apakah kejadian tersebut benar atau tidak, yang pasti aksi pembakaran uang tentu tidak dibenarkan dan melanggar hukum.

Diwartakan Tribun Medan, Bank Indonesia (BI) dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa tindakan yang merusak kualitas uang rupiah bisa terjerat pidana.

Merusak rupiah tidak hanya membakar, melipat rupiah dan menjadikanya sebagai mahar pun bisa terkena pidana.

Dari sisi hukum akan ada sanksi yang dikenakan oleh pelanggar, yaitu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Larangan Masyarakat Untuk Merusak Uang Kertas. (bs)

alterntif text
BAGIKAN:
Comments

Trending