Warga Lapas Makassar Sembeli 12 Ekor Hewan Kurban | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Sulsel

Warga Lapas Makassar Sembeli 12 Ekor Hewan Kurban

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Suka cita Idul Adha dirasakan pula oleh penghuni lembaga permasyarakatan (Lapas) kelas I Makassar di Allaudin. Hal itu tergambar dalam suasana, saat para warga lapas tampak bekerja sama menyembelih hewan kurban dihalaman belakang lapas, Minggu (12/8/2019) malam kemarin.

“Kita pilih malam karena pengerjaan hewan kurban memakai benda tajam, penyediaan benda tajam seperti pisau, parang, kapak yang menyediakan itu panitia yang dimana tanggung jawabnya merupakan, kepala seksi bidang pembinaan,” kata Kepala Pelayanan Pengamanan Lapas Makassar, Muzaini.

Sebelum dikutkan untuk mengerjakan penyembelihan hewan kurban, masyarakat lapas diseleksi terlebih dahulu, serta di dampingi oleh Kasi Bimpas. Setelah selesai pemotongan hewan kurban, benda tajam akan ditarik kembali serta dihitung jumlahnya.

Muzaini menambahkan, hewan kurban di peroleh warga binaan sendiri, pegawai, dan Kalaps kelas I Makassar yang ingin melaksanakan kurban. Lebih lanjut, dia mengatakan, adanya momentum Idul Adha untuk melatih kesabaran, serta keikhlassan dalam berkurban.

alterntif text

“Tidak ada perbedaan antara didalam lapas dan luar lapas, meski di kelilingi tembok tinggi, kita tidak mau menghalangi penghuni lapas yang ingin beribadah, mereka juga memiliki hak sama,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, jika kurban yang di potong akan dibagikan bagi semua warga penghuni lapas, sebagai bentuk hadiah. Menurutnya juga banyak warga binaan yang masuk dalam kategori tidak mampu.

Ia mengaku, pembagian daging kurban untuk masyarakat lapas bukan dalam betuk daging mentah melainkan sudah dimasak sebelumnya dan diberi rempah. Pihaknya bekerja sama dengan pengurus masjid, pengelolaan daging kurban untuk penghuni lapas.

“Jumlah penghuni lapas saat ini 930 orang dan pembagiannya akan dibantu panitia, sehinggga akan terbagi sama rata semuanya, kita potong 6 sapi dan 6 ekor kambing,” jelasnya. (Hajji Taruna)

BAGIKAN:
Comments

Trending