Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Siapkan Strategi Ini - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

BISNIS

Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Siapkan Strategi Ini

Published

on

MakassarToday.com, Makassar – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan informasi terkait pentingnya pengembangan ekonomi syariah di Indonesia khususnya Sulsel. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) mengadakan Pekan Ekonomi Syariah 2019, dengan tema “Pengembangan Ekonomi Regional Berbasis Ekonomi Syariah,” di Atrium Trans Studio Mal, Jumat (16/08/2019).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Bambang Kusmiarso mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional yang sustainable turut mengikuti perkembangan ekonomi dunia.

“Menurut State of Global Islamic Economy Report, pangsa pasar ekonomi Islam dunia pada tahun 2017 mencapai USD 2,1 Miliar, dan nilai ini diproyeksikan akan meningkat menjadi USD 3 Miliar pada tahun 2023,” ujarnya.

alterntif text

Hal itu berdasarkan besarnya market size ini ditandai dengan meningkatnya makanan halal  sebesar 6% dan diprediksi akan mencapai USD 1,9 Triliun pada tahun 2023, serupa dengan fesyen muslim yang diproyeksikan akan meningkat dari USD 279 Miliar tahun 2017 menjadi USD 361 miliar pada 2023.

Untuk mencapainya, BI mengeluarkan dan melaksanakan kebijakan, salah satunya terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dengan tiga strategi utama.

“Tiga strategi tersebut yakni, penguatan ekonomi syariah melalui penguatan kelembagaan, infrastruktur pendukung dan halal value chain, penguatan sektor keuangan syariah untuk pembiayaan, dan penguatan riset, asesmen dan edukasi,” ucap Bambang. (Mala)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending