Begini Kronologi Bentrok Mahasiswa Papua di Makassar | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Begini Kronologi Bentrok Mahasiswa Papua di Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Insiden saling serang antara kelompok warga dengan mahasiwa di Asrama Papua, Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar, Sulsel, Senin (19/8/2019) malam berhasil diredam pihak aparat.

Situasi yang sempat mencekam saat itu kemudian berangsur-angsur kondusif setelah aparat gabungan memuk mundur kedua kelompok bertikai.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, kelompok masyarakat awalnya datang bersilaturahmi ke Asrama Papua, jelang petang tadi.

Beberapa diantaranya diduga memiliki hubungan kerabat dengan warga Kampung Bugis di Manokwari, Papua Barat.

Namun tiba-tiba pertemuan itu menjadi gaduh karena adanya aksi profokasi oknum hingga berujung pada bentrokan.

Dua kubuh pun saling serang dengan menggunakan batu.
Beruntung aparat kepolisian dengan mengenakan pakaian biasa lebih dulu tiba di lokasi untuk meredam massa yang hendak masuk ke dalam Asrama Papua.

“Anggota ada yang tidak pakai seragam lebih dulu mendapat informasi dan berusaha meredam bentrok di TKP. Anggota sampai teriak-tiriak agar kedua belah pihak berhenti dan tidak lama berselang Unit Sabhara Porestabes Makassar berdatangan, mobil Raisa pun diturunkan,” jelas Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani.

Selanjutnya petugas memukul mundur kedua kubuh saling bentrok. Situasi dapat dikendalikan sekitar pukul 19.30 Wita. Aparat kepolisian paska bentrok masih melakukan pengamanan ketat di Jalan Lanto Daeng Pasewang untuk mencegah bentrok susulan.

“Kita masih selidiki penyebabnya. Namun demikian lebih utama kami mengsterilkan lokasi dan situasi sudah konduaif. Sejumlah warga dan Mahasiswa juga sudah dipertemukan oleh Pak Gubernur Sulsel Prof. Nurdin Abdullah bersama Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo,” kata Dicky.

Dikatakan, lokasi sudah kondusif aman Mahasiswa Papua mendapat pengamanan agar bentrok tak berlanjut.

“Personel berjaga-jaga dilokasi di Jalan Lanto Daeng Pasewang agar bentrok tak berlanjut,” tansdanya. (Askay Khan)

BAGIKAN:
Comments

Trending