Pasca Bentrok, Gubernur Sulsel Tinjau Asrama Papua di Makassar - Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Pasca Bentrok, Gubernur Sulsel Tinjau Asrama Papua di Makassar

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah meninjau langsung kondisi mahasiswa di Asrama Papua, Jalan Lanto Dg Pasewang, Kota Makassar, pasca bentrok yang terjadi, Senin (19/8/2019) malam.

Di lokasi juga lebih dulu hadir Kapolda Sulael Irjen Pol Hamidin, Wakapolda Sulsel dan Dandim BS Makassar.

Nurdin Abdullah melakukan dialog dengan mahasiswa Papua terkait kondisi terkini mereka.

Dalam kesempatan itu, Nurdin mengaku, dirinya bersama pihak kepolisian di Sulsel menjamin keselematan mahasiswa dan warga Papua yang ada di wilayah Sulsel, khususnya di Makassar.

Hingga jelang dini hari situasi di sekitar Asrama Papua, Jalan Lanto Dg Pasewang terpantau kondusif. Sejumlah aparat gabungan bersenjata disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

alterntif text

Akibat bentrokan tersebut, sejumlah fasilitas asrama dilaporkan rusak. Belum ada keterangan resmi terkait jumlah korban dalam insiden itu.

Sebelumnya bentrok antara mahasiswa Papua dan kelompok warga di Makassar diduga dampak dari viralnya sebuah video penyerangan yang diduga terjadi di Kampung Bugis di Manokwari Papua Barat.

Kerusuhan yang terjadi di Manokwari disebut sebagai buntut dari dugaan persekusi mahasiswa Papua di berbagai daerah, seperti di Surabaya, Malang, dan Semarang.

Sebelumnya, sejumlah kelompok organisasi masyarakat (ormas) mendatangi asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya, Jawa Timur.

Massa memadati halaman depan asrama mahasiswa sejak siang hingga malam hari.

Kedatangan mereka karena ada kabar mahasiswa Papua di asrama tersebut yang diduga mematahkan tiang bendera Merah Putih dan membuangnya ke selokan. (Rusdi)

BAGIKAN:
Advertisement
Comments

Trending