Belasan Ekor Kerbau dan Seorang Pengembala Tewas Tersambar Petir | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Nasional

Belasan Ekor Kerbau dan Seorang Pengembala Tewas Tersambar Petir

Published

on

Makassartoday.com, Tapanuli Tengah – Petir bisa membunuh makhluk hidup dalam waktu seketika. Kasus terbaru, seorang gembala kerbau di Bondar Sihudon, Desa Uratan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, dan 19 ekor kerbaunya tewas tersambar petir. Petir mematikan karena bisa menciptakan suhu panas yang luar biasa. 

Sebagaimana diketahui, kejadian yang menimpa Sitor dan 19 kerbaunya itu terjadi pada pukul 19.20 WIB, Senin (19/8) lalu. Peristiwa berawal dari Sitor yang menghidupkan api untuk mengasapi kerbau-kerbau di dalam kandang agar tak diganggu nyamuk. Tiba-tiba petir pun menyambar.

“Kejadiannya bermula saat korban menghidupkan api seperti setiap harinya mengasapi kelompok kerbau di dalam kandang agar tidak diganggu nyamuk. Di saat itulah, Sitor Habeahan disambar petir,” kata warga setempat, Parulian Simatupang, Selasa (20/8/2019).

Sebanyak 21 kerbau yang berada di dalam kandang pun ikut tersambar petir. Sembilan belas di antaranya mati di tempat bersama sang gembala.

Diketahui, kerbau-kerbau itu bukan milik Sitor. Dia hanya bertugas menggembalakannya. Jenazah Sitor disemayamkan di rumah duka dan akan dimakamkan hari ini. Sedangkan 19 kerbau yang mati sudah dimakamkan secara massal.

Berkaca pada kejadian yang menimpa Sitor, dia disambar petir ketika sedang menyalakan api. Apakah artinya api bisa memicu petir? Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hendra Suwarta menjawab fenomena ini. Hendra menegaskan api tidak memicu petir.

“Api tidak memicu terjadinya petir. Yang menarik petir adalah benda-benda logam dan benda-benda basah,” kata Hendra saat dihubungi detikcom, Rabu (21/8).

Hendra menduga sambaran petir yang menimpa Sitor diakibatkan faktor lapangan yang digunakan saat menggembala. Ditambah, menurutnya, tanah lapang biasanya basah sehingga bisa memicu datangnya petir.

“Karena biasanya menggembala kerbau itu di lapangan luas, yang juga jadi langganan tujuan petir dari awan ke tanah lapang yang basah. Jadi bukan karena menyalakan api,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan semua petir punya kekuatan yang dahsyat. Kekuatan inilah yang bisa membuat makhluk hidup seketika mati.

“Sambaran semua petir memang dahsyat, bisa beribu watt. Jadi sekali sambar, semua benda pasti gosong,” ujarnya. (Sumber: detik.com)

BAGIKAN:
Comments

Trending