Bupati Maros Batal Diperiksa Terkait Kasus Tambang Galian C | Makassar Today
Connect with us
alterntif text

Hukum & Kriminal

Bupati Maros Batal Diperiksa Terkait Kasus Tambang Galian C

Published

on

Makassartoday.com, Makassar – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel, urung melakukan pemeriksaan Bupati Maros, Hatta Rahman terkait kasus dugaan korupsi izin penambangan galian C di Kabupaten Maros.

Sedianya, Hatta Rahman bersama Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Maros,
dijadwalkan memberikan klarifikasi di Mapolda Sulsel, Rabu (19/8/2019).

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pemeriksaan itu batal lantaran bupati sedang berada di luar kota untuk mengikuti kegiatan kedinasan.

“Jadi ini masih dikonfirmasi, beliau (Hatta Rahman) sedang ada dinas, jadi akan dilakukan pemanggilan ualng,” kata Dicky kepada wartawan.

Kata Dicky, penyidik juga akan berkoordinasi dengan beberapa saksi termasuk saksi ahli untuk mengkaji kebijakan yang bertentangan dengan hukum terkait dugaan tambang galian C di Kabupaten Maros.

“Kita dari Krimsus akan konsen jika memang di situ hasil daripada kajian saksi ahli dari Lingkungan Hidup dan Dinas Pertambangan bahwa ada kerusakan lingkungan akibat dari galian tambang c, maka siapa pun yang terlibat dalam kasus tersebut baik pelaku maupun yang mengizinkan bisa kita terapkan sebagai tersangka. Kalau itu sudah ada indikasi tindak pidana,” jelasnya.

Dicky mengaku, penyidik sudah menurunkan tim ke lapangan untuk memastikan aktifitas tamban galian C yang marak di Kabupaten Maros.

“Ini masih kita kaji dulu tentu kita harus dengar pendapat dari saksi ahli. Kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait mungkin dinas pertambangan, hingga kepada desa,” jelasnya. (Rusdi)

BAGIKAN:
Comments

Trending